Review : Shaolin

Seperti yang uda gw janjikan di postingan ini, gw mau mereview film SHAOLIN. Gw bukan mau kasih contekan tapi sekedar kisi-kisi mengenai film Shaolin (ini mau bahas film atau UAS sih??). Tar gw digebukin sama belum nonton kalo gw kasih contekan. Berikut ini selayang pandang dari gw mengenai film ini.

 

Menurut gw film ini PATUT DITONTON!!! Dapet ponten sepuluh dari gw

 

Jalan ceritanya enak buat ditonton dan gampang dimengerti, gak seperti film macam IP Man dan Three Kingdoms. Gak tahu kenapa, menurut gw film2 itu rada ngebosenin dan angle filmnya tuh kurang apik. Jalan ceritanya juga agak rumit, bikin gw yg otaknya rada2 kagak nyampe jadi makin gak mudeng dengan jalan ceritanya (ngaku kalo blo’on)..

 

Shaolin sendiri sebenernya merupakan film remake dari film berjudul sama Shaolin. Dulu, film shaolin ini dibintangi oleh aktor beken Jet Li. Untuk film remake ini, jalan ceritanya dibuat berbeda dari film pertamanya dan posisi Jet Li digantikan oleh aktor multitalenta Andy Lau.

gambar versi Jet Li diambil dari sini

 

gambar versi terbaru dari sini

Buat penggemar artis2 dari Cina, siapa sih yang gak kenal sama engkoh ganteng satu ini. Dan harus gw akui, walaupun usia dia udah separuh abad, tapi kegantengannya gak memudar walau dimakan keriput. Buat gw dia itu Tom Cruisenya asia. Ganteng, aktingnya bagus plus suaranya itu merduuu banget.

Di film ini, Koh Andy (berasa di glodok ya panggilnya engkoh) berperan sebagai Jenderal Hou Chien. Si Jenderal ini berhasil menaklukan sebuah wilayah. Namun karena ada yang menghianatinya, Koh Andy jadi kehilangan seseorang yang disayanginya dan juga seluruh hartanya. Bahkan dia dijadikan buronan. Dalam pelariannya, ia tinggal di kuil Shaolin dan belajar kebajikan serta berdamai dengan kebencian dan dendamnya.

foto Andy Sebagai Jenderal Hou Chien dicomot dari sini

Akting Andy Lau disini emang ruar biasa banget. Dia berhasil memerankan tokoh si Jendral yang awalnya jahat abis yang punya sisi lemah lembut. Pokoknya penonton, terutama para cewek2 bakalan terpana abis deh ngeliat dia. Mana sering banget dishoot close up. OWWWW, dia emang om ganteng.. (ketauan penggemar pria sby – setengah baya) Gw pribadi yang bisa dibilang tumbuh dan besar dengan film “The Return of Condor Heroes” merasa dia masih se-charming dahulu waktu mukanya masih kenceng hehhehe.. Bahkan jauh lebih charming karena wajahnya semakin berumur semakin berwibawa. Bodynya juga amboiiiiiii menarik hati, masih kenceng dan six pack gitu.. Daaannnn, satu hal lagi yang membuat gw kagum banget sama Andy Lau yakni suaranya yang merdu.. Ajegile, suaranya dari jaman nyanyi “Ai Ni Ik Wan Nian” sampe sekarang suaranya masih megang banget. Kekhasan suaranya bikin kita langsung bisa tau kalo yang nyanyi itu Andy Lau. No words can describe him lah..

Perfect abis..

Mau berambut, mau botak, si Kokoh tetep aja guanteeeengggggg

fotonya dari sini dan sini ya

 

Wah koq gw malah bahas si Andy Lau bukan filmnya ya???

 

Oke deh lanjut reviewnya..

 

Uniknya, film ini berhasil menampilkan berbagai emosi dan alurnya pas gak terkesan dipaksakan. Film ini bisa menampilkan kesedihan dan kelucuan yang dipadu apik dalam beberapa scenenya. Sukses membuat gw nangis sesegukan sambil ketawa, heran kan?? Tapi gw gak bisa bocorin di adegan mana, tar gak seru lagi buat yang belom nonton..

 

Film ini juga menampilkan Jackie Chan, meskipun dia cuma bintang tamu di film ini, Tapi kehadiran koh Jackie emang bikin warna tersendiri di film ini serta memberikan satu kesatuan yang kuat untuk jalan cerita film ini.

si om ketje dan om keyen dari sini

 

In my opinion, sedikit kekurangan film ini yaitu kenapa tokoh antagonisnya diperanin sama Nicholas Tse??? kenapa bukan Jackie Cheung?? Menurut gw wajah Nic Tse kurang Bad Boy jika dibandingkan dengan Jackie Cheung. Kurang licik, kurang tengil dan kurang ngenges deh pokoknya.. Kalo yang pernah liat film “Jiang Hu”, pasti setuju banget kalo akting si Jacky sebagai Lefty di film ini emang ngenges dan ngemensin sukses bikin kita sebel sama karakter dia. Dan itu gak gw temuin di karakternya si Nic Tse. Tapi ya ini cuma pendapat gw sih. Akting Nic Tse juga bagus koq disini terutama dengan rambut belah sampingnya (colek si kokoh Nico)..

hayo mana yang mukanya lebih ngenges?? kiri atau kanan???

Fotonya dari sini dan sini

Like any other Chinese movie, film ini punya scene yang oke beratttt.. Visualisasinya emang top markotop lah, padahal budget filmnya gak besar tapi gak kalah loh ama film2 Hollywood. Trus scenenya diambil dengan angle yang cantik, bener2 menampilkan keindahan dan tersirat makna yang dalam disetiap scene indah itu. Film ini sukses bikin gw ber wowwwwww dan waaaaaahhhhhhh ria sepanjang film ini. (harap dimaklumi saya orang kampung). Ya seperti film2 action pada umumnya, ada beberapa adegan berantem yang too good to be true terutama pas adegan mengendarai kuda.. Tapi, ini sama sekali gak mengurangi esensi dari film ini.

 

Gw emang bukan kritikus film profesional tapi buat gw film ini PERFECTO.. Tapi film ini kurang cocok kalau ditonton oleh anak2 dibawah 13 Tahun karena banyak adegan kekerasan dan berdarah-darahnya. Jadi agak sedikit sadis (tapi ini opini gw loh)..

 

Supaya kalian makin yakin lagi nonton film ini, gw kasih nih trailernya yang dicomot dari sini

 

Oya Andy Lau juga nyanyiin Sound Track buat film ini loh.. Ada yang tau gak judulnya apa???

Tinggalkan Balasan

