Dan Hasilnya Adalah… (Part 2)

Saya bisa lahiran normal, puji Tuhan!!!

Setelah kemarin seharian deg-deg ser kepingin ketemu si dokter mata. Akhirnya daku capcus ke sana dan sampai disana jam 5 kurang. Padahal diappointment disuruh dateng jam 6, rajin yaa. Sengaja dateng lebih cepet siapa tau bisa ketemu dokternya lebih cepet juga. Ternyata bener, begitu dateng ambil nomer dapet antrian mayan cepet. Nunggu sebentar, trus dipanggil untuk pemeriksaan pertama yaitu tekanan mata dan minus & silinder lewat mesin. Selesai pemeriksaan pertama, nunggu sebentar, lanjut ke pemeriksaan ke dua yaitu cek minus dan silinder secara manual. Baca huruf dan angka di papan. Banyak yang meleset untuk huruf yang ukurannya kecil2 terutama kanan. Hal itu disebabkan karena ternyata minus saya naik sejak hamil. Jadi setengah (kiri) dan satu setengah (kanan).

Selesai cek ke dua, nunggu lagi, trus lanjut pemeriksaan ke tiga yaitu Specular Microscope buat dua mata. Jadi matanya kayak difoto gitu berkali-kali buat dilihat sel mata di retinanya (kalo gak salah inget). Selesai cek ke tiga baru ketemuan sama dokter. Begitu masuk langsung curhat sama dokter Hadi kalo mau kontrol tahunan sekaligus check up retina mata karena kepingin lahiran normal. Diperiksa catatan medik saya dan juga dilihat mata saya pake alat, katanya sih gak masalah cuma mata kanan memang positif naik minusnya (indikasi karena kehamilan). Untuk masalah retina saya dirujuk ke Dr. Eko karena beliau lebih ahli masalah retina. Untungnya hari itu Dr. Eko juga sedang praktek jadi bisa langsung diperiksa.

Berhubung saya pasien “selipan”, jadi saya harus nunggu sampe pasien Dr. Eko selesai. Lumayan nunggunya hampir 2 jam. Asli mati gaya deh sama suami, minum terus nyemil terus pindah sofa ampe berkali-kali. Jadi begitu dapet panggilan, leganya luar biasa. Langsung cerita ke Dr. Eko mau cek retina karena saya mau lahiran normal. Retinanya dicek dan juga posisi lensa mata saya. Ternyata semuanya bagus, retina bagus dan lensa juga diposisi yang tepat. Dr. Eko langsung kasih approval buat lahiran normal. Malah dikasih tau kalo lensa saya gak bakalan copot karena aktivitas kayak ngeden atau angkat beban berat. Malah si lensa bisa copot dalam keadaan bangun tidur. Supaya tambah yakin dan ada buktinya, saya minta dibuatin surat pengantarnya. So kalo ada dokter yang bilang ¬†harus caesar karena lensa saya, tinggal kasih deh tuh suratnya.

Setelah tau mata saya tidak akan mempengaruhi proses lahiran normal, saya makin mantap lagi untuk menguatkan diri supaya bisa normal. Tuhan sudah membukakan satu jalan lagi buat saya supaya saya bisa lahiran normal.

Suami juga minta saya pindah ke RS yang dekat aja supaya makin nyaman melalui kehamilan ini. Dan saya juga percaya semoga dengan pindahnya saya ke RS yg baru saya benar-benar bisa melahirkan natural dengan bantuan si dokter yang baru nanti. Tapi yang pasti, saya penuh berserah sama Tuhan apapun dan bagaimanapun semua yang Tuhan berikan itu pasti terbaik buat saya dan si bayi.

Tambahan update : Saya menang giveawaynya ko arman. yipppiiieeee.. Rejeki si bayi nih, mamanya bisa dapet jam keren dari ko arman. Makasih ya sudah memilih makbun ini jadi pemenang. ūüôā

Dan hasilnya adalah….

Yang bikin bete, saya batal ke dokter mata kemarin. Tengs berat buat traffic jakarta semalem yang nggilani. Suami nyampe rumah kemaleman. Trus si dokter juga tiba-tiba ada urusan mendadak jadi jam 7 terakhir terima pasien. Suami baru nyampe rumah jam 7 kurang 10. Jadi wasallam deh.. Diundur cek upnya jadi besok sore.

Yang bikin hepi, besok libur kerjaaa.. Gara-gara pilkada jakarta, semua staff yang ber-KTP jakarta diliburkan *kecup KTP dan kartu pemilih*. Terus suami juga tutup toko jadi bisa jalan-jalan dulu sebelum ke dokter mata.

Yang bikin sakit, tadi pagi-pagi buta tiba-tiba betis kiri kram. Kaki rasanya kayak ditarik pake tambang. Sakitnya sebentar tapi rasanya maknyess. Dan kejadian dua kali selang waktu kurleb 1 jam. Huhuhuhu, sampe tadi pagi di kantor masih kerasa gak enak betis kirinya. Sekarang sih gak sakit lagi moga-moga aja gak berkelanjutan kramnya. Tar malem mau minta suami pijitin supaya gak kram lagi.

Yang bikin mual, maag saya kumat lagi. Kemarin seharian gak enak dan muntah. Tapi bersih keras kagak mau minum obat maag. Tadi pagi abis sarapan mulai mual lagi dan bertengger sampe sekarang. Nampaknya saya harus bertekuk lutut ditangan Farmacrol sore ini kalo gak membaik.

Yang bikin gak sabar, saya kepingin ketemu sama si bayi. Duh nak, kamu koq ngangenin ya. Kalo bisa ngeliat kamu tiap hari pasti mama tambah hepi. Semoga dengan segala keteledoran mama, kamu tetep sehat ya didalem. Ah ngomongin kamu jadi tambah kangen deh..

Normal atau Caesar?

Emang sih masih lama lahirannya. Masih 5 bulan lagi. Tapi berhubung kemarin sohibku lahiran dan akhirnya dicaesar, saya jadi kepikiran lagi apakah nanti mau deliverynya normal atau caesar. Well to be honest, sebelum si sohib lahiran, sebenernya saya masih anteng-anteng aja menjalani masa awal trimester kedua ini. Gak terbesit pikiran yang gimana-gimana masalah lahiran. Meskipun saya tau dengan kondisi mata saya yang “istimewa” ini, kemungkinan lahiran caesar itu sangatlah besar. Saya pun santai-santai aja, toh kalaupun harus caesar gak apa-apa yang penting buat saya dan suami si bayi sehat sentosa.

Trus minggu pagi kemarin, si sohib tiba-tiba BBM di grup minta dukungan karena mau dicaesar jam 9 pagi. Saya kaget nerima BBM itu karena yang saya tau dia tuh kepingin lahiran normal. Jadi mulai bertanya-tanyalah kenapa dia caesar. Berhubung waktu mepet jadi dia gak sempet jawab. Saya mutusin untuk jenguk dia hari itu juga. Kebetulan dia lahiran di hari minggu, jadi jalanan ke Husada tentu saja sangat bersahabat. Sekitar jam 2.30 siang, saya kesana dengan sohib yang lain sekalian ngasih kado lahiran. Disitu kita diceritain kenapa dia mutusin buat lahiran caesar. Dia milih caesar karena air ketubannya keburu pecah disertai darah sedangkan dia kagak mules-mules juga. Jadi dia mutusin buat caesar aja karena yang paling penting buat dia si bayi sehat.

Seketika itu juga saya langsung kepikiran “wah ternyata banyak hal yang bisa bikin kita end up caesar” nah kalo dokter mata bilang boleh lahiran normal terus tiba-tiba ada kejadian lain yang membuat saya harus caesar gimana?? (saya emang suka lebay mikirnya kejauhan). Trus kesian sama keluarga saya harus bolak balik jauh begitu. Saya milih dokter yang sekarang karena saya kepingin lahir normal. Nah kalo ternyata dokter mata bilang saya harus caesar ya mendingan saya langsung cari RS deket rumah aja supaya lebih mudah buat keluarga saya datang.

Malemnya saya cerita ke suami masalah ini dan minta pendapat dari dia. Suami bilang kalo gitu lebih baik saya cek matanya sekarang aja. Gak usah nunggu sampai 8 bulan. Jadi kalo memang harus caesar ya pindah dokter aja yang deket rumah biar lebih gampang. Setelah mikir-mikir lagi akhirnya saya mutusin hari ini untuk ke dokter mata cek up. Jadi biar bisa menentukan langkah yang mana yang harus diambil.

Masalah lahir normal atau caesar sebenernya gak terlalu jadi soal. Karena balik lagi buat saya yang terpenting si bayi sehat. Meskipun kalo saya bisa milih saya tentu pengen lahiran normal. Tapi saya gak mau maksa, kalo keadaan gak memungkinkan buat saya, buat apa saya paksa-paksa toh balik lagi yang penting bayi lahir sehat, ibu selamat. Jadi apapun keputusannya malam ini, semoga terbaik buat saya dan buat si bayi ya. Doakan saya yaa…

BC

Lagi-lagi dapet Broadcast Message di BBM tentang perumahan palem lestari yang rusuh. BC hari ini katanya ada rusuh depan perumahan antara F8R melawan John “kunci” dan Anak Zeus. Setelah malem sebelumnya ada isu tentang massa F8R yg lagi ngumpul depan palem yang katanya siap2 mau bikin rusuh.

Sebenernya saya sih udah mayan capek dapet BC macem BC palem ini. Ampir tiap hari deh sering dikirimin BC yang isinya mulai dari berita kecelakaan, berita kerusuhan, berita penyiksaan sampe berita gak penting kaya simbol BBM, cerita lucu sampe cerita nakutin (like BC kalo gak diforward nanti sial), dan lain-lainnya.

Don’t get me wrong. Gw sama sekali tidak menentang yang namanya BC ke sesama BBM’ers. Karena ada beberapa hal yang diinformasikan lewat BC itu berguna. Kayak info kemacetan, kejadian kejahatan, kecelakaan atau kerusuhan yang tentu saja memang terbukti kebenarannya. Tapi karena keseringan terima BC geje plus hoax bikin daku darting juga ya. Maksud saya mbok ya sebelum dikirim dipikirin dulu beberapa hal mengenai BC tersebut :

pertama BC itu bener atau gak isinya?

Contohnya ya BC tentang perumahan saya ini. Terhitung dari beberapa BC (sekitar 5-6 BC) yang saya terima, hanya SATU BC yang informasinya benar. Waktu keributan antara John “kunci” sama Anak Zeus. Selebihnya, diisuin terus udah ngumpul depan gerbang utama perumahan siap-siap mau perang tapi gak taunya bohong belaka. Gondok gak sih.. Memang BC tersebut bikin kita waspada, tapi kalo gak bener kan jatohnya cuma bikin parno orang aja.

Dulu juga sepupu saya pernah kirimin BC yang jelas-jelas hoax. Langsung deh saya “tegur” supaya lain kali lebih diperhatikan kalo mau kirim BC. Hasilnya dia gak pernah lagi kirim BC ke saya *galak ya saya*

Ya menurut saya intinya lebih baik cek dulu kebenaran informasi yang mau kita kirim ke orang. Supaya BC yang kita kirim benar-benar bermanfaat buat orang bukannya menyusahkan. Buat yang kurang kerjaan create BC hoax model begini, saya doakan semoga diampuni Tuhan karena udah bikin orang jadi parnoan.

Kedua apakah BC tersebut emang dikirimkan ke orang yang tepat?

Sering banget terima BC ucapan selamat pagi, kata-kata mutiara ataupun nasehat-nasehat gitu sampe nawarin dagangan. Bukannya belagu, tapi kadang BC kayak gitu ganggu loh. Oke saya akui, saya juga pernah ngirim BC tentang jualan kue kering. Tapi BC itu gak serta merta saya kirim ke semua kontak yang ada di BBM saya. Saya cuma kirim ke temen-temen saya yang muslim dan yang punya ART. Karena saya merasa mereka adalah prospek yang baik (yang kemungkinan bakal beli kue kering buat lebaran). Dan saya juga ngirimnya cuma sekali aja gak berkali-kali.

Maksud saya disini, kalo kita mau kirim BC jangan mau enaknya aja di “send all”. Tolong dipilah-pilah orang yang mau kita kirimin BC. Kan gak semua orang suka ya di kirimin BC macem-macem *kayak saya*. Yah kalo kita ikrib banget sama tu orang dan emang suka bertukar BC monggo silahkan. Saya sendiri jarang BC cerita-cerita lucu ke sohib-sohib saya di BB kalo gak lucu-lucu banget. BC cuma saya kirimin ke orang-orang tertentu yang saya rasa tepat untuk dikirimin. Gak mungkin donk saya BC ucapan selamat pagi atau cerita lucu ke bos saya buat apaan. Tar disangkanya saya eskaesde lagi sama dia dan cuma nyampah-nyampahin inbox dia aja.

Yah disini saya cuma mau menyampaikan sebagai sesama pengguna BB terutama BBM. Sebaiknya kita lebih bijak aja menggunakan fitur BC di hp kita. Malu donk udah pake smartphone tapi kita sebagai penggunanya gak keliatan smart karena suka kirim BC yang aneh-aneh.

Ikutan Giveaway Blognya Ko Arman

Lagi-lagi saya mau ikutan giveaway yang diadakan sama para blogger. Kemarin itu sempet ikutan giveaway¬†whileyouonearth¬†tapi gagal karena saat dihubungi buat konfirmasi tanggalnya mepet dengan tanggal keberangkatan kawinan eike. Turs ngikutan lagi giveaway¬†Aina¬†berhadiah sepatu ciamiks dari IWearUp, gagal juga.. Naseebb kalo ikutan giveaway dengan hadiah “berskala” besar pasti berakhir gagal. ;(

Kali ini mau mencoba peruntungan ikut giveaway yang diadain ko Arman. Bagi para blogger pasti kenal donk sama ko Arman. Blogger satu ini bisa dibilang eksistensi nulis di jagad perbloggeran udah gak usah diragukan lagi. Tulisannya aslik banyak banget. Mana rajin sekali ngupdet blognya dengan cerita-cerita yang menarik. Trus ko man juga selalu ngebales komen-komen kita dan ninggalin komen di blog-blog orang. Membuat kita (terutama saya blogger pemula) merasa sangat dihargai.

Dari blognya ko man, paling suka baca cerita tentang keluarganya. Tentang hebatnya ci esther ngurusin 2 bocah cilik tanpa bantuan ART (sedangkan saya, si dedek belum lahir tapi udah mulai planning mau mengurbanisasikan ART dari kampung) dan segala kerajinan tangannya yang ciamik. Tentang anak-anaknya yang lucu dan pinter-pinter. Koko Andrew yang terlihat dewasa dan Emma bear yang uber cute. Ko man sendiri juga multi talenta. Nulis blog, cerpen, bikin lagu, aish bagi-bagi donk talentanya kemari..

Meskipun jarang ninggalin komen di blog ko arman, karena komentatornya udah banyak banget (ratusan loh tiap tulisan), tapi saya selalu cek blognya supaya bisa dapet update terbaru dari ko arman.

Tiada kata yang mampu menggambarkan blog ko Arman #lebay #tapibener. Jadi lebih baik mampir ke blognya ko Arman dan rasakan sendiri sensasinya hihihihi.. Jangan lupa abis baca ikutan giveawaynya yaaa.

Akhir kata, saya mau berdoa semoga bumil ini bisa dapet rejeki jamnya. Kayaknya diimprot langsung lagi dari Yu-Es-Ey, siapa sih yang tak mau #bumilmupeng. Amiiinnnn

16 Weeks

Senangnya semalem habis “ngapelin” si bayi di Dr. Radius. Sebenernya jadwal kontrolnya itu masih 5 hari lagi. Berhubung udah kangen banget sama si bayi dan juga habis trip ke Medan dan Taiwan 2 minggu kemarin bikin mantep buat majuin tanggal kencannya. Lepas kangen sekaligus ngecek kondisi si bayi yang udah diajak jalan-jalan mepet sampe capek. Capcuslah saya dan suami ke Husada kemarin.

Dapet antrian nomer 2 dan gak pake nunggu lama langsung dapet giliran. Masuk-masuk langsung reminder ke dokter kalo saya abis jalan jauh jadi agak cepet kontrolnya. Puji Tuhan gak ada keluhan selama jalan-jalan. Si bayi amat sangat kooperatif. Mual muntah cuma sesekali, itupun karena maagnya kumat. Beberapa hari sempet begadang, naik motor malem-malem, berjalan kaki dan MRT ria, ngangkat-ngangkat koper yang berat tapi si bayi tetep anteng didalem.

Begitu di USG, si bayi keliatan super aktif. Ngangkat kaki dan gegulingan didalem. Tangannya juga aktif gerak-gerak. Berjumpalitan deh dia didalem. Jantung berdetak dengan sehat. Bentuk tubuhnya juga mulai sempurna. Super healthy kata dokternya. Emak bapaknya tentu bahagia.

Si bayi berdasarkan hitungan mesin USG sudah 15Week 3days. Berdasarkan HPHT 16Week. Beginilah nasib mens gak lancar. Susah hitung due datenya. Berdasarkan HPHT, due datenya 16 Feb 2013. Berdasarkan mesin USG, awalnya 5 Mar, maju jadi 1 Mar dan kemarin jadi 25 Feb. Tapi patokan si dokter sekarang ya dari HPHT.

Si bayi bener-bener unpredictable nih. Dia mau kasih kejutan ke parentsnya. Jadi masih lom tauk si bayi bakal jadi Dragon kids atau Slytherin kids. Kalo lahir sebelum 11 Feb, si bayi jadi dragon kids. Kalo setelah 11 Feb, si bayi jadi slytherin kids. Jenis kelaminnya juga baru bisa ketauan bulan depan. Padahal emaknya udah gatel pengen beli baju bayi. Well apapun jenis kelaminnya, kapanpun lahirnya, shio apapun, saya dan suami bersyukur dengan pilihan Tuhan apapun itu. Yang penting si bayi sehat-sehat.

Sekarang tugas emak bapaknya ya mempersiapkan diri dari mental sampe finansial untuk kelahiran si bayi. Semalem juga sempet konsul sama dokter untuk kemungkinan lahir normal dengan keadaan mata saya yang operasi phacic (tanam lensa) minus 13-14 dan ada silinder juga. Dokter nyaranin buat ke dokter mata saya aja tapi nanti 1 bulan sebelum lahiran untuk cek. Yah apapun hasilnya nanti, yang penting ibu dan bayi sehat dan selamat aja deh.

Can’t wait for our next date ya bayi.. Stay healthy and active there. Mommy and daddy loves you :*