BC

Lagi-lagi dapet Broadcast Message di BBM tentang perumahan palem lestari yang rusuh. BC hari ini katanya ada rusuh depan perumahan antara F8R melawan John “kunci” dan Anak Zeus. Setelah malem sebelumnya ada isu tentang massa F8R yg lagi ngumpul depan palem yang katanya siap2 mau bikin rusuh.

Sebenernya saya sih udah mayan capek dapet BC macem BC palem ini. Ampir tiap hari deh sering dikirimin BC yang isinya mulai dari berita kecelakaan, berita kerusuhan, berita penyiksaan sampe berita gak penting kaya simbol BBM, cerita lucu sampe cerita nakutin (like BC kalo gak diforward nanti sial), dan lain-lainnya.

Don’t get me wrong. Gw sama sekali tidak menentang yang namanya BC ke sesama BBM’ers. Karena ada beberapa hal yang diinformasikan lewat BC itu berguna. Kayak info kemacetan, kejadian kejahatan, kecelakaan atau kerusuhan yang tentu saja memang terbukti kebenarannya. Tapi karena keseringan terima BC geje plus hoax bikin daku darting juga ya. Maksud saya mbok ya sebelum dikirim dipikirin dulu beberapa hal mengenai BC tersebut :

pertama BC itu bener atau gak isinya?

Contohnya ya BC tentang perumahan saya ini. Terhitung dari beberapa BC (sekitar 5-6 BC) yang saya terima, hanya SATU BC yang informasinya benar. Waktu keributan antara John “kunci” sama Anak Zeus. Selebihnya, diisuin terus udah ngumpul depan gerbang utama perumahan siap-siap mau perang tapi gak taunya bohong belaka. Gondok gak sih.. Memang BC tersebut bikin kita waspada, tapi kalo gak bener kan jatohnya cuma bikin parno orang aja.

Dulu juga sepupu saya pernah kirimin BC yang jelas-jelas hoax. Langsung deh saya “tegur” supaya lain kali lebih diperhatikan kalo mau kirim BC. Hasilnya dia gak pernah lagi kirim BC ke saya *galak ya saya*

Ya menurut saya intinya lebih baik cek dulu kebenaran informasi yang mau kita kirim ke orang. Supaya BC yang kita kirim benar-benar bermanfaat buat orang bukannya menyusahkan. Buat yang kurang kerjaan create BC hoax model begini, saya doakan semoga diampuni Tuhan karena udah bikin orang jadi parnoan.

Kedua apakah BC tersebut emang dikirimkan ke orang yang tepat?

Sering banget terima BC ucapan selamat pagi, kata-kata mutiara ataupun nasehat-nasehat gitu sampe nawarin dagangan. Bukannya belagu, tapi kadang BC kayak gitu ganggu loh. Oke saya akui, saya juga pernah ngirim BC tentang jualan kue kering. Tapi BC itu gak serta merta saya kirim ke semua kontak yang ada di BBM saya. Saya cuma kirim ke temen-temen saya yang muslim dan yang punya ART. Karena saya merasa mereka adalah prospek yang baik (yang kemungkinan bakal beli kue kering buat lebaran). Dan saya juga ngirimnya cuma sekali aja gak berkali-kali.

Maksud saya disini, kalo kita mau kirim BC jangan mau enaknya aja di “send all”. Tolong dipilah-pilah orang yang mau kita kirimin BC. Kan gak semua orang suka ya di kirimin BC macem-macem *kayak saya*. Yah kalo kita ikrib banget sama tu orang dan emang suka bertukar BC monggo silahkan. Saya sendiri jarang BC cerita-cerita lucu ke sohib-sohib saya di BB kalo gak lucu-lucu banget. BC cuma saya kirimin ke orang-orang tertentu yang saya rasa tepat untuk dikirimin. Gak mungkin donk saya BC ucapan selamat pagi atau cerita lucu ke bos saya buat apaan. Tar disangkanya saya eskaesde lagi sama dia dan cuma nyampah-nyampahin inbox dia aja.

Yah disini saya cuma mau menyampaikan sebagai sesama pengguna BB terutama BBM. Sebaiknya kita lebih bijak aja menggunakan fitur BC di hp kita. Malu donk udah pake smartphone tapi kita sebagai penggunanya gak keliatan smart karena suka kirim BC yang aneh-aneh.

5 thoughts on “BC

  1. sorrry banget sebelumnya.. komen ga nyambung.., cuma mo nanya kok theme-nya diganti.. yg kmaren (putih) lucu loh.. *sorry jg udah kaypoh – jangan marah yaaa ^_^ v*

  2. Gue juga sebel sama yang suka BC hoax!!! Bingung gue. Kan pake smart phone harusnya smart juga dong ya. Mbok ya liat-liat kalo mau nyebarin berita, itu berita bener apa nggak. Apalagi yang nyebarin isu dengan ‘headline’ yang provokatif, padahal kalo link nya dibuka, itu ‘cuma’ blog orang, yang jelas-jelas isinya subjektif dan gak bisa dipertanggungjawabkan. Itu kan meresahkan masyarakat namanya. *ikut sebel*

    • yup.. begini nih nasih smartphone ditangan pengguna labil. Jadi apa2 ya gak disaring dulu main langsung disebarin. mau keliatan pinter tapi actionnya malah menunjukkan kalo dia tidak sepinter itu.

Tinggalkan Balasan

