Trimester Kedua ini.. (Part 1)

Memasuki pertengahan trimester kedua ini (bulan ke % jalan ke 6), banyak hal-hal yang terjadi dalam diri saya baik secara fisik dan non fisik. Postingan kali ini saya mau sharing *sekaligus curhat* yang saya rasakan  memasuki trimester kedua ini.

Perubahan Fisik (dari atas ke bawah):

1. Kepala Untuk areal kepala, perubahan signifikan terjadi di wajah. Tidak tidak muka saya belum tambah bulet. Yg saya maksud disini adalah penghuni tetap wajah saya yaitu jerawat. Setelah menikah, bisa dibilang wajah saya cukup membaik. Jerawat udah jarang muncul karena hormon saya akhirnya ada penyaluran hihihihi.. Tapi sejak hamil, jerawat saya itu jadi on off. Kadang muka saya bisa keliatan “agak” mulusan, kadang kasar banget. Jerawat yg muncul juga bukan jerawat yg besar tapi kecil-kecil kayak biang keringat. Merata dari jidat dan melingkar di seluruh pinggiran wajah saya. Kalo bagian tengah agak mendingan. Pas cuci muka berasa banget kalo wajah saya kayak jalanan jakarta, gerindilan gak rata. Herannya semua orang yang liat saya bilang wajah saya keliatan cakepan, emangnya gak keliatan apa jerewi dimuke aye?? *pinjemin kaca pembesar*

Selain wajah, gak ada yang berubah sih. Paling rambut yang keliatan ciamik aja. Biasanya lepek bener kalo abis dihelm-in. Apa ini efek kehamilan atau pake sampo Dove?? #eaaa #bukaniklanberbayar

2. Bagian atas Tubuh

Perubahan terbesar dari tubuh saya terjadi pada perut dan tetikadi saya. Semakin hari semakin bertambah besar ukurannya. Perut saya sekarang udah keliatan bulet banget dan maju. Hampir seukuran sama temen kantor yang lagi hamil 7 bulan. Koq bisa ya?? Apa karena saya kontet jadi keliatan lebih cepet perubahannya? atau memang si bayi yg tumbuh pesat?? Mudah-mudahan si karena bayinya cepet gede ya.. Gara-gara perut saya yg cepet tumbuh ini, dari bulan ke 4 saya udah mulai pakai celana model karet gitu. Baju kantor jg cuma bisa dikancingin 2 tingkat aja. Dalemnya saya pakai baju T-shirt size L gitu. Untungnya area tangan masih dalam ukuran normal. Sehari-hari saya lebih nyaman pake kaos dan celana bali model selutut. Bener-bener bukan bumil trendi deh saya.

Kalo untuk tetikadi, sparepartnya sekarang sudah harus ganti size ke satu ukuran diatas karena udah mulai sempit dan nyesek banget. Masih beruntung sih ukuran masih terhitung standar. Belum sampe luber kayak jupe *hiii amit-amit jangan sampe deh*

3. Bagian Bawah Tubuh

Sejauh ini bokong dan paha sudah mulai membesar tapi overall celana masih muat dibagian tersebut. Kendalanya cuma sempit dibagian perut aja. Karena gak suka pake yg sempit-sempit, beberapa celana udah dimusiumkan sementara. Semua diganti celana karet yang tipe besar longgar kayak celana rumahan bapak-bapak. Betis dan kaki masih dalam keadaan normal juga.

Trus kalo untuk panggul, mulai sering ngerasa ngilu. Kadang-kadang sampe ngilu banget gak enak. Dulu waktu trimester pertama juga pernah ngerasain ngilu dibagian panggul, kata dokter wajar karena panggul pelan-pelan melebar mengikuti perkembangan janin. Hmm, apakah ini juga karena si bayi yang terus bertumbuh jadinya menekan panggulnya?? Adakah yg merasakan hal sama?? soalnya tanya-tanya ke mantan-mantan bumil, mereka baru ngerasain itu pas masuk trimester akhir. Apakah saya yg terlalu sensitif ya?? (gak sabar buat ketemu dokter dan nanyain hal ini)

bersambung…

One thought on “Trimester Kedua ini.. (Part 1)

  1. Ping-balik: Trimester Kedua ini.. (Part 2) « The Stories of Us

Tinggalkan Balasan

