Villia : 0 – 2 Bulan

Perkembangan Villia dari usia 0 – 2 bulan 3 minggu (dijadiin satu ya pembahasannya jadi agak panjang)

IMG-20130523-01231

Perihal berat badan dan susunya

Berat badan Villia saat lahir 2.915 kgs kemudian turun 300gr 3 hari kemudian karena bilirubinnya tinggi. Penyebabnya karena golongan darahnya beda dengan saya. Dia B + ngikutin papanya, saya O +. Ditambah lagi ASI saya keluarnya cuma secuprit aja bahkan di hari ke tiga yang menyebabkan Villia dehidrasi. Awalnya, keras hati untuk gak kasih sufor tapi begitu lihat badannya kuning banget dan bilirubinnya diangka 18 (standar di RS maksimal 15 baru boleh pulang) langsung lumer dan setuju untuk kasih sufor. Tanya2 ke temen2 katanya susu S26 yang “paling mendekati ASI rasanya” (pas saya coba minum rasanya emang plain banget kayak susu UHT). jadi Villia dikasih sufor itu.

Ternyata keputusan untuk kasih sufor adalah keputusan yg paling tepat. Setelah semaleman sufor dicampur nenen (yg mana gak tau apa ASInya keluar atau ga) dan disinar pakai 2 lampu, bilirubinnya turun jadi 11 dan Villia dikasih pulang. Sejak itu Villia minumnya campur antara ASI dan sufor sampai sekarang. Beruntung Villia gak pilih2 minumnya. ASI langsung oke, ASIP oke, Sufor juga oke. Bisa dibilang sufor cukup nyelamatin saya karena ASI saya gak terlalu banyak meskipun uda dipompa. Segala macem asi booster uda diminum tapi gak mempan. Seharian gak mompa hasilnya juga hanya 180-200ml. Sedangkan Villia kuat minum susunya. Jadi mau gak mau dicampur. Persentasenya juga tergantung perahan ASInya, kalo lagi banyak bisa lebih banyak ASInya. Kalo lagi dikit, sufornya yang lebih banyak. Puji Tuhan berat badannya naik cukup normal. Di usia 2 bulan BBnya 5.1kgs.

Tinggi badannya sekarang 58 cm, naik 10 cm dari tinggi badannya saat baru lahir. Berhubung Villia cukup montok jadi kadang keliatan rada bantet. Sepertinya sih ini nurunin emak bapaknya yg tinggi badannya “secukupnya” aja. Semoga aja deh Villia bisa lebih tinggi paling gak dari tinggi mamanya. Udah planning mau lesin Villia berenang supaya bisa tinggi. Tumbuh ke atas ya nak jangan ke samping.

Perihal Jadwal Susu dan Tidurnya

Jadwal minum susunya dulu kurang lebih 12 botol @40-60ml/hari. sekarang sih sebenernya agak berkurang intensitasnya karena malam-pagi cuma minum 2-3 kali. Cuma kalo siang angot2an minumnya kadang banyak banget kadang gak terlalu. Minumnya saat ini masih 60ml per sekali minum tapi belakangan sepertinya kurang. Mau ditambah takarannya sangsi juga karena kadang gak habis. Jadi untuk saat ini takaran masih tetap paling kalo sejam berikutnya masih mau nyusu ya dibuatin sufor/dipanasin asipnya lagi. Untuk waktu nyusu bener2 sesuka hatinya aja. Gak pernah dipatok harus minum 2-3jam sekali. Soalnya kalo bukan dia sendiri yang minta susu bakalan dilepehin deh puting/dotnya. Lepehinnya juga pake gaya seolah-olah mau muntah. Kadang malah mulutnya ditutup rapet. Tapi kalo dia lagi mau nyusu harus buru-buru deh dikasih susunya, gak sabaran nunggunya. Jejeritan deh. Trus ngisepnya kenceng banget kayak kelaperan banget.

Jadwal tidur dari lahir sampai sekarang terhitung teratur. Sejak dibawa pulang ke rumah, Villia tidur selalu diantara jam 8-9, bangun setiap 3 jam sekali untuk minum susu.  Sekarang bangun malamnya berkurang jadi 2-3 kali untuk minum susu dari malam sampai pagi. Selebihnya tidur pulas. Villia dibiasain tidur dalam keadaan cukup gelap jadi kalo mau tidur malam lampu harus dibuat remang-remang baru bisa pules. Kalo gak kebangun terus. Tapi kalo siang hari sih oke aja tidur dalam keadaan terang. Sengaja begitu supaya Villia bisa ngerti konsep bobo siang dan bobo malam. Sejauh ini Villia hanya beberapa kali rewel dan tidur agak malam dari jam segitu. Tapi mostly dia udah tidur nyenyak kalo malam.

Oya sampe sekarang Villia bobonya masih dibedong. Anehnya dulu waktu usia 0-1 bulan kalo dibedong satu badan dari tangan sampe kaki) suka meronta-ronta. Sukanya dibedong setengah badan. Tapi sekarang malah kebalik, anteng dibedong sebadan kalo mau bobo. Malah tidurnya bisa lebih nyenyak kalo dibedong. Gak kagetan.

Perihal gendong dan kemampuan motoriknya

Urusan gendong, Villia udah tau maunya digendong gaya apa dan harus diturutin. Kadang dia maunya sambil berdiri, kadang duduk, kadang diayun, kadang ditepok, bahkan kadang gak mau digendong, maunya ditaro aja dikasur. Sesuka hatinya aja. Kalo dia lagi mau bobo sendiri dikasur, meskipun kita gendong sampe pegel dan mata tinggal 5 watt dia ga bakalan mau tidur. Begitu ditaro di kasur langsung tidur.

Kemampuan motorik dasarnya juga sudah berkembang. Usia 3 minggu sudah mulai mau angkat kepala setiap ditengkurepin ditangan . Usia 1 bulan lebih udah mulai mantap angkat kepalanya, dan diusia 2 bulan ini udah bisa tegakin kepalanya pas tengkurep. Udah mulai bisa tengkurep sendiri dikasur. Kaki dan tangan juga aktif digerakin. Tendangannya udah kuat sekarang. Kalo ditengkurepin udah mulai gerakin kaki tangan kepengen maju. Kalo dibantu tahan kakinya sedikit mulai bisa maju kedepan.

Tangan juga udah mulai dimasukin ke mulut. Kalo dilarang, gantian bibirnya dikenyot-kenyot sampai keluar suara. Udah bisa ngoceh2 sendiri. Btw, tangannya masih sering mengepal, kalo dikasih mainan sama botol susu masih belum bisa menggenggam dengan baik, wajar gak sih?

Kalo diajak ngobrol suka “kepo” mau ikutan ngobrol. Suaranya udah bisa “nguu” “gaaa” “aaa” “huuu”. Tapi kalo dipanggil namanya jarang mau nengok, masih belum ngerti kali ya. Udah mulai ngences juga dan bisa gigit2 tangan/dotnya pakai gusi.

Villia paling gak suka digemesin orang dengan cara dideketin wajahnya ke wajah dia. Orang yang paling suka begitu, koko saya. Jadi tiap kali pamannya deket2 sama dia pasti Villia langsung buang muka. Gak mau liat dia. Sedangkan sama orang lain dia gak masalah.

Villia juga ternyata bisa manja. Jadi semenjak saya kerja, Villia seharian dititip di rumah nyokap. Seharian anteng aja di taro di bouncer ataupun di kasur. Kadang bisa main sendiri, kadang main sama apho akungnya. Mau bobo juga langsung bobo gak pake acara rewel. Rewel juga cuma minta susu. Tapi sabtu minggu kemarin, Villia berubah jadi manja, pengennya dikelonin aja. Mama bilang ” waktu kamu kerja dia anteng2 aja. Hari ini jadi manja banget jadi rewel minta dikelonin. Padahal kemarin2 gak” Mbaknya juga mengiyakan. Masa iya sih bayi 2 bulan udah ngerti.

Perihal Kesehatan & Jadwal Imunisasi

Puji Tuhan sejauh ini Villia bisa dikatakan bayi sehat. Sejauh ini Villia pernah kena batpil waktu usia 1 bulan lebih. Itu karena cuaca yg emang lagi jelek banget, kadang ujan kadang panas. Untungnya dia masih tetep mau minum susu. Yang saya sangat kuatir itu gumoh dan cegukannya. Villia mulai gumoh di usia 3 minggu, cegukannya malah sejak lahir. Banyak yg bilang gapapa nanti hilang sendiri, tapi saya kuatir banget. Mana ada bayi cegukan setiap hari dan cegukannya lebih dari 1 kali sehari.

Villia saya bawa ke DSA spesialis pencernaan dan di USG kepala dan abdomennya. Ternyata positif GERD (Gastroesophageal reflux disease). Klep lambungnya Villia belum bekerja dengan sempurna dan cenderung malas. Jadinya saat makanan masuk klep yg seharusnya bisa refleks buka tutup tidak bekerja dengan baik. Trus perutnya juga memproduksi gas yang cukup banyak jadinya sering cegukan dan perutnya sering kembung.

Berbagai cara udah dilakukan. Abis minum susu disendawain udah, tapi disendawain juga tetep gumoh, malahan kadang abis sendawa langsung gumoh. Dikasih minyak kayu putih juga sering untuk hilangin kembungnya. Dan terakhir juga minum obat dari DSAnya. Sekarang jauh lebih baik sih. Gumohnya gak sebanyak biasanya dan cegukannya juga berkurang meskipun tetep cegukan tiap hari.

Untuk jadwal imunisasi, mengikuti tabel yang ada di buku kesehatannya. Sejauh ini sudah vaksin Hepatitis B, Polio, CG, DPT dan Hib. Rencananya bulan depan mau vaksin Rotarix dan PCV. Punya anak baru tau kalo vaksin itu mahalnya minta ampunn. Anak baru 2 bulan usianya tapi biaya dokter + vaksinnya udah hampir bikin mamanya bangkrut hahahaha.. Yah meskipun bikin mamanya tongpes tapi gak papa lah namanya juga investasi untuk kesehatannya kelak. Lebih baik mencegah kan dari pada mengobati.

Sekian dulu deh update perkembangannya Villia. Bulan depan disambung lagi yaaa..

7 thoughts on “Villia : 0 – 2 Bulan

  1. Tangan menggenggam normal deh Vi, don’t worry about it. Ntar juga ngebuka sendiri pelan-pelan. Dilatih aja pake mainan.

    Madeline dulu juga sering gumoh & cegukan.Terus pas umur 6 bulanan gumoh-nya udah ilang. Jadi sabar ya Mommy Vivi. Cegukannya masih sih sampe sekarang.

    Terus Madeline juga dibedong sampe 3 bulan! Sampe aku pelan-pelan lepasin, supaya dia bisa bereksplorasi.

    Bayi kayaknya kalo sama mamanya manja setengah mati deh, tapi kalo sama orang lain lebih kalem. Entah kenapa?!?

    Vaksin emang bikin kantong bolong apalagi yang namanya vaksin PCV, tapi ntar setelah 6 bulan jadwal vaksinnya makin jarang. Gpplah yang terbaik untuk anak ya, selama mampu harus divaksin.

    Sehat-sehat terus ya Villia… *kiss*

    • Mau tanya donk setelah gak dibedong, madeline tidurnya jadi lasak gak ci? dibedong juga selain biar tetep anget, juga supaya gak lasak tidurnya.

      Madeline gumoh & cegukan juga ya, sempet diobati gak ci? aku bawa ke dokter karena kesian liat dia cegukan. Kita org dewasa aja klo cegukan gak enak bgt.

      *kiss auntie angela & cici madeline*

      • Iya sih jadi lasak, tapi kan emang dia juga udah mulai mobile. udah mulai miring-miring belajar tengkurep juga. tidurnya juga mulai muter-muter nggak jelas. Pas awal-awalnya kayaknya kaget sih nggak pake bedong, tapi lama-lama biasa juga.

        Oh ya sampe sekarang Madeline tidurnya pake sleepsuit Mothercare, itu enak banget lho Vi. Udah langsung sampe kaki, anget. jadi nggak usah diselimutin lagi udah aman.

        Nggak dibawa ke dokter sih, karena menurutku masih wajar. Pas dulu di perut juga kan sering cegukan. Kayaknya selama baby-nya nggak terganggu sih nggak papa. Madeline juga kalo sekarang cegukan biasa aja, nggak nangis ato nggak terganggu, cuek bebek. Ya udah aku gak apa-apain juga, paling dikasih air putih.

  2. thierr jg dlu sering cegukan n gumoh, cegukannya lama pula n berkali2 dlm sehari, tp lama2 ilang sih.. gumohnya jg lama2 berkurang, skg ud jrg bnget.
    hihihiii… vaksin emang bkin surprise hrganya, stlah pnya baby g jg br tau klo vaksin itu ada banyakk mcem n hrganya wow.. tp iyap, lbh baik mencegah drpd mngobati ^^

  3. Huaaa.. villia 2 bulan udah bisa tegak kepalanya? Kendut masih ah oh ah oh ah oh klo ditengkurepin, berjuang ngangkat kepala..hahahahaha.

    Dulu Ken juga sering banget gumoh, bahkan muntah, muncrat gitu. Tanya sama dsa-nya, dia cuma bilang normal kok, asal disendawain abis nyusu dan klo mau abis sendawa kepalanya pakein bantal agak tinggi 10-15 menit.
    Well, dulu udah bgitu tetep aja gumoh..tp untungnya sekarang udah jarang banget..
    Disendawainnya jg relatif cepet, dulu mah sampe lamaaaa banget.

    Ken juga cegukan, sampe skrg. Kayanya tiap hari ada deh cegukan. Klo gitu, paling coba sodorin susu, klo ga mau yaudah biarin aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s