Senam Bayi

Kali ini saya mau sharing gerakan senam bayi yang diajarin oleh Dsa Villia. Setiap imunisasi, dokter selalu ingetin untuk melakukan senam ke Villia supaya melatih otak dan fisiknya. Senam ini udah diajarkan ke Villia saat usia 1 setengah bulan. Pas usia 2 bulan setengah gerakannya ditambah dengan gerakan tengkurep. Villia sih setiap hari disenamin tapi kadang sehari sekali kadang tiga kali. So far, membantu melatih motorik Villia dan juga melatih kekuatan kaki dan tangannya.

Berikut ini gerakan-gerakan yg diajarin oleh pak dokter.

Tangan

  1. Genggam kedua tangan bayi (dibagian siku/lengan) supaya tangan bayi lurus kemudian lebarkan ke kiri kanan lalu disatukan ke tengah seperti tepuk tangan. Lalu kembali ke posisi semula. Lakukan sebanyak 8x
  2. Masih genggam tangan bayi dalam posisi diatas, kemudian tarik kedua tangan keatas lalu kebawah sebanyak 8x
  3. Masih seperti posisi diatas, tangan bayi kita naikan bergantian kiri dan kanan sebanyak 8x

Kaki

  1. Kedua kaki kita genggam bagian betisnya lalu kita tarik keatas posisinya seperti jongkok lalu diluruskan. Lakukan 8x
  2. Kedua kaki kita gerakan seperti sedang mengowes sepeda. Lakukan 8x
  3. Tangan kanan kita tarik keatas, kaki kiri kita tarik kebawah lalu gerakan tangan kanan kebawah, kaki ditekuk keatas suoaya tangan kanan bisa mnyentuh lutut kiri. Dilakukan bergantian dengan tangan kiri dan kaki kanan. Lakukan 8x

Tengkurap

  1. Bayi kita sanggah tubuhnya supaya agak miring ke kiri, tangan kanan kita menggenggam tangan bayi tangan tangan kiri kita memegang paha/kaki bayi. Lalu dorong tubuh bayi ke kiri seperti mau muter buat tengkurep kemudian kembalikan ke posisi semula. Jadi kayak mau berguling gitu moms. Perhatikan tangan bayi jangan sampai kepelintir. Lakukan 8x kanan dan kiri
  2. Taruh bayi dalam posisi tengkurap lalu kita tepuk2 pelan punggung bayi . Tengkurep membantu melatih pernapasan bayi juga membiasakan dia dalam posisi tersebut, kalu tepuk punggung supaya saluran pernapasan dan pencernaan bisa lancar.

Lakukan semua gerakan diatas 3 kali sehari. Posisi bayi dibuat senyaman mungkin. Jangan paksa bayi karena awal2 bayi pasti akan berontak. Gerakan beberapa kali aja, nanti lama2 dia juga terbiasa. Villia kadang kalo gak mau jg ga aku paksa. Selamat mencoba ya senam bayinya. Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Senam Bayi

  1. Aku jg ga pernah diajarin ginian. Pak dokterku blg tiap anak ada masanya dan pasti bisa jika anak tsb motoriknya normal. Jd let the kids be free aja. Tp mayan nih nanti coba2 praktekin deh tp abby ud kegedean kayaknya haha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s