Villia : 6 Bulan

Perihal Tinggi dan Berat Badannya

2 hari sebelum Villia Ulbul, tinggi badannya diukur tetap 64 cm (revisi kemarin ditulisnya 67 cm salah ketik hihihihi) dan berat badannya naik 150gr aja dalam waktu 11 hari. Diperhatiin makin kesini berat badannya naik makin sedikit dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Meskipun beratnya naik perlahan tapi tetep aja yang gendong dia kalo kelamaan tangannya pegel juga.

Perihal asupannya

Seperti yg uda diceritain di postingan lalu, Villia mulai Mpasu sejak 2 minggu sebelum ulbul ke 6 nya. Nyolong start karena gw penasaran banget dengan reaksi dia kalo dikasih makan. Selama ini dia kalau ngeliat kita makan kayaknya kepengen banget. Untuk masa Mpasu di 5 bulan setengahnya kemarin gw putusin kasih buah dulu sampai usia dia 6 bulan baru dikasih bubur, Pemilihan buah karena katanya lebih gampang dicerna dan jarang menimbulkan alergi. Lagi pula porsinya kan bisa sedikit aja, Kalo bubur kan masaknya harus lumayan banyak. Sisa buahnya bisa dimakan sama orang rumah.

Jadilah kemarin itu Mpasu perdana dengan pepaya. Kenapa pepaya? Simply karena gak nemu alpukat. Padahal kepinginnya sih alpukat dulu. Tapi karena gak ada, ya sudah diteslah dengan pepaya california. Oya dari hari pertama Villia dikasih buah sehari 2x porsi mini (hanya utk snack aja bukan makan dlm porsi banyak).

Belajar dari blog ibu-ibu yg sudah Mpasi/u anaknya, makan Villia dijadwalin setelah dia bangun tidur. Supaya dia juga dalam keadaan happy dan harapannya dengan sukarela mau makan. Jadi Villia makan setiap jam 9 dan Jam 3/4 sore. Waktunya sih gak harus tepat jam segitu bisa lebih cepet/lambat tergantung situasi aja.

Reaksi awal pas dikasih makan pagi, ngrenyit aneh sih tapi dimakan juga. Saat itu makannya jg cukup sepotong kecil. Gak diapa-apain cuma dikerok pake sendok aja makannya. Lumayan abis pepayanya meskipun di akhir-akhir mulai gak mau. Sorenya jam 3an sengaja dicoba kasih makan dengan metode BLW, hampir tersedak karena dia belum biasa dengan konsep makan BLW dan mungkin juga karena pepaya lembek banget jd digigit langsung ke potong banyak. Ngeliatnya cukup horor karena dia batuk-batuk sampe merah mukanya. Pas kejadian cukup bikin parno dan mau stop BLW, tapi kesini-sini sama orang rumah tetep dikasihin pegang makanan tapi sambil diawasi. Kesininya lumayan ngerti dan mulai bisa gigit kecil-kecil dan mulutnya bisa ngunyah-ngunyah gitu.

Pepaya itu dikasih 3 hari berturut-turut (katanya supaya bisa ketauan ada alergi gak), dan buntutnya hari ke 2 & 3 anaknya tiap dikasih makan nangis setelah suapan ke 4. Dicoba pisang dan alpukat hari berikutnya juga begitu. Tadinya kirain dia tipe susah makan, Ternyata pas dikasih jus jeruk baby, pir dan apel dia doyan banget. Dicampur ke pisang, pepaya dan alpukat jg lahap makannya. Jadi kemungkinan besar awal-awal makan itu 1. dia gak suka makanan terlalu manis, 2. dia bosen makannya itu-itu aja selama beberapa hari berturut-turut, 3. karena belum terbiasa dengan tekstur makanan jadi kaget karena gak bisa langsung ditelan seperti susu.

Minggu tgl 01 Sept kemarin, perdana Villia Mpasu dengan bubur susu beras. Karena belom beli beras merahnya diteslah dengan beras putih dulu (emak pemalas gak siapin bahan-bahannya), Beras dimasak jadi bubur trus diblender baru campur susu. Ngomong-ngomong soal blender, Villia takut banget sama suara blender dan juicer, langsung mewek kenceng begitu denger suaranya. Sampai sekarang mau terus dilatih untuk gak takut suara blender/juicer. Takutnya nanti sampe gede jadi phobia, juga takut dia gak berani naik pesawat, kan suara pesawat kenceng juga. Soalnya Imlek nanti mau berkunjung kerumah oma opanya di Medan.

Untuk jadwal makan gak ditentuin menu hari itu apa, seadanya aja bahan yang ada dirumah. Emaknya bingung juga mau nentuin makan apa jadi seadanya saja. Rencana tiap minggu belanja untuk keperluan makan Villia. Oya Mpasu nya mengikuti saran baru dari Dsa baru Villia, Dr. Zaza. Dsa-nya saranin 2 minggu pertama untuk mpasu bubur beras + susu aja tidak dicampur apa-apa dulu (dimakan siang hari), berhubung Villia uda makan buah, buahnya tetap dikasih pagi – sore sebagai camilan. Setelah 2 minggu, bubur susu dimakan pagi hari dan siang diganti ke nasi tim saring, isinya boleh dikasih daging dan sayur. Setelah usia 7 bulan, bubur untuk makan pagi bisa diganti nasi tim saring, Usia 8 bulan, sudah bisa makan nasi tim saring 3x sehari, Teksturnya juga pelan-pelan ditingkatkan supaya anak bisa belajar mengunyah.

So far yang uda dimakan sama Villia sampai sekarang ini :

1. Pepaya, Alpukat, Pisang => awal-awal gak gitu doyan, tapi setelah di mix sama buah lain jadi suka

2. Jeruk baby, Pir, Melon dan Apel => doyan banget.

3. Jus wortel+melon+apel => doyan

4. Bubur beras putih + susu => lumayan doyan

5. Bubur beras merah + susu => lumayan doyan

Untuk membentuk kebiasaan baik di Villia, gw minta ke mbaknya untuk memberi makan tidak sambil digendong, Jadi Villia harus duduk (entah di bouncer atau di kursi makannya), gak sambil jalan-jalan dan diusahakan gak sambil nonton. Mainan kayak sendok, boneka atau teether tetep dikasih supaya dia gak bosan. Trus juga makan gak boleh sampe lama-lama. Suoaya dia gak trauma juga, kalo dia udah rewel gak mau makan, kita stop makannya gak dipaksa harus habis dan sementara porsi juga gak banyak paling beberapa sendok makan dewasa aja. Toh susu masih sumber utama makanannya. Untuk trik makan sejauh ini yg berhasil makan sambil dipegangin sendok. Jd dia mau buka mulutnya soalnya dia terbiasa mau masukin barang yg dipegang ke mulut. Jadi begitu dia mangap, hap lgsg masukin makanan. Trus sempet gak mau makan, dicoba cara kita makan didepan dia, eh dia sukarela mau makan juga. Kayaknya dia maunya makan bareng-bareng gitu.

Puji Tuhan, Villia anak yang baik. Sepanjang mpasu ini dia sangat kooperatif. Walaupun dia terkadang mewek tapi dia tetep mau nelen makanannya. Gw jg sangat berterima kasih sama orang rumah (oma opa dan mbak2nya) yg mau ikut aturan gw untuk no gulgar dulu dan yang mau dengan berbagai cara buat bikin acara makan dia jadi hepi.

Minum susu sendiri sedikit berkurang intensitasnya sejak diselingi dengan makanan. Tapi sekarang setiap minum susu udah mulai habis 90ml/minum,

Perihal motorik

Sampe sekarang masih suka guling-guling aja. Belum onggong-onggong (angkat pantat seperti posisi mau merangkak). Diajarin dianya gak mau, ya sudah lah. Padahal bayi-bayi di grup TUM March+ Club yg seusia dia udah mulai di posisi onggong-onggong. Semoga aja deh di bulan ini dia mau mulai berlatih onggong2 dan merangkak. Duduk tentunya belum bisa sendiri, jadi harus tetep disanggah. Tapi untuk posisinya saat duduk sudah terlihat tegak.

Sudah lancar memegang barang. Botol, kipas, baju sampai rambut pun digenggam sempurna. Udah mulai ngerti juga kalo lagi jambak rambut kita minta lepas, biasanya langsung dilepas genggamannya. Dipanggil “Villia” bisa langsung nengok, udah tau namanya sendiri.

Berhubung anaknya rada kalem kayak papahnya, Villia terhitung jarang babbling dan ketawa ngakak. Biasanya kalo ketawa hanya nyengir lebar tanpa suara, Belakangan sih mulai sering ketawa bersuara dan babbling. First word dari Villia “Papapapa”  mamanya manyun karena si bocil selain wajahnya ikut papanya, kata pertamanya juga papa. Kapan panggil mama??

Sudah belajar untuk ditatur pipis dan pupnya terutama saat gak pakai dispo. Jadi Villia setiap hari masih pakai dispo terutama malam hari dan saat pergi-pergi. Tapi mulai dikurangi penggunaannya. Jadi pagi hari setelah mandi dipakaiin celana sampai agak siang kadang dipakaiin clodi, kadang pampers, kadang celana. Sore sehabis mandi dipakaiin dispo sampai besok pagi. Dispo diganti setiap 4-5jam sekali atau kalau sudah penuh. Nah selama gak dipakaiin dispo/clodi kita tatur. Tiap setengah jam sekali kita taro di potty trainingnya atau di bawa ke toilet untuk dipipisin. Ternyata dia ngerti meskipun butuh beberapa waktu untuk keluar pipisnya. Jadi lumayan lah irit cucian celanannya. Untuk pup, belum bisa karena kadang uda keburu bablas pup dicelana duluan dan waktu pupnya juga gak tentu.

Perihal Kesehatan & Jadwal Imunisasi

Ulbul kali ini, Villia sempat pilek 2 hari karena ketularan orang rumah yang lagi pilek. Kesian banget liatnya, pas bobo napasnya susah karena ada yg tersumbat. Ditetesin breathy dan dikasi transpulmin. Thank God pileknya sudah sembuh.

Untuk jadwal imunisasi, Awal bulan ini ambil vaksin DPT 3 + HIB 3 + Polio (Pediacel) dan rencananya akhir bulan PCV 2. Oya imunisasi kali ini sudah ganti dokter. Kesan pertama, sangat suka dengan Dsa-nya. Bisa diajak diskusi dan mau menjelaskan pelan-pelan. Karena belum terbiasa ketemu dsa yg bisa diajak diskusi, walhasil kemarin agak bingung mau nanya apaan. Baru ingetnya dirumah *tepok jidat* next visit, mau catet dulu ah mau tanya apa supaya gak kelupaan.

Happy belated ulbul ke 6 anakku tersayang :*

IMG-20130831-02150

8 thoughts on “Villia : 6 Bulan

  1. Horeee…. Villia mirip sama Abby, gak doyan pepaya. Kalo Abby, udah dicampur sama jeruk baby pun masih gak doyan hihihihi.. Dia doyannya cuma sama Apel, Jeruk, Pear, dan Banana. Tomat juga ga suka. Jadi buahnya muterrrr aja itu doang. Yang penting maem kan? Hihi.

    Nanti kalo udah 7 bulan udah boleh nyampur2… nah itu tuh… mulai tongpes soalnya maunya beli yg bagus2 buat anak, padahal emaknya mah makan kaki lima jg jadi hihi.

    • Cici Abby gak suka pepaya ya.. Aku suka asalkan gak terlalu manis rasanya..

      Iya ci kalo uda nyampur2 gitu pasti lebih mahal. Yg lokal aja skrg mahaaall apalagi klo lagi gak musimnya hiks.. Sementara dikombinasi aja lokal dan luar demi ketentraman dompet ortunya🙂

      Sent from BlackBerry® on 3

  2. Hahahaha.. papanya duluan ya yang dipanggil? naaawww.. *puk2 mamanya Villia*

    Yaampun, ternyata biar mau makan harus pinter cari trik2nya juga ya Pi? *siap2 nyontek buat Mibe nanti* hihihi

    • huhuhu.. iya papanya duluan yg dipanggil. mamanya belum nih.

      iya be kudu pake triknya supaya mau mangap. segala cara dicoba deh supaya makanan bisa masuk ke mulutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s