Villia : 7 Bulan

Perihal Tinggi dan Berat Badannya

Kemarin diukur berat badannya 7.4kg dan tinggi badannya cuma naik 1 cm donk jadi 66 cm. positif pertumbuhan badan Villia dominan ke samping. Bahkan kalo liat tummynya ya ampuuunnn jadi montok gitu terutama sejak makan. Sebenernya gak heran karena Villia lahap banget makannya. Jadi pipi, leher, perut, paha makin seksi aja.

IMG-20131002-02434

aku sexy kan??

Perihal asupannya

Seperti yang uda diceritain bulan lalu, Villia sejak pertengahan bulan Sept mulai makan bubur saring kasar yang dicampur kaldu dan buah yang dibejek2 pakai sendok. Jadi makanannya makin kasar teksturnya. Puji Tuhan, Villia sudah bisa kunyah-kunyah makanan itu. Apalagi sejak bergigi satu. Wah makin semangat makannya. Setiap liat makanan maunya minta. Begitu pula dengan jus, wuih semangat banget minumnya apalagi pake gelas. Sampe diliatin terus gelasnya kalo uda habis.

Untuk makanan, semua yang dibuatin mau dimakan sih, gak pilih-pilih. Palingan kalo lagi kenyang mulai disembur-sembur aja. Uda mulai ngerti juga kalo di dudukin di bouncer/kursi dan dipakein slabber artinya mau makan. Bisa nangis minta kalo kita kelamaan duduk tapi gak disuapin.

Untuk menu tiap 2 hari sekali diganti. Tetep pakai bubur beras merah, beras coklat, oat dan sesekali beras putih. Kaldu yang uda dipake sih ceker ayam dan daging sapi. Gak pakai cube untuk simpen kaldunya. Jadi masak buburnya dicemplungin ceker atau daging sapinya, trus dicampur sayuran (wortel, brokoli, kacang merah dll). Setelah matang, cekernya dibuang, kalo daging sapi disaring barengan buburnya. Anaknya lahap hap hap.

IMG-20131004-02464

walau lagi demam makan tetap lahap

Untuk susu sendiri, 2 minggu lalu diganti dari S26 ke Anmum. Perutnya bisa adjust dengan baik sama susu barunya. Alasan diganti sih karena Anmum gak gitu creamy dan lebih tawar dari S26. Sayangnya harganya lebih mahal hiks.. Sekarang susu 900gr dihabiskan dalam waktu 1 minggu.

Perihal motorik

mungkin semua uda tau ya galau-galau gw kemarin itu dipersembahkan oleh motorik kasar Villia yg gw lihat stuck sampe guling-guling aja. Gw worried karena semakin kesini semakin banyak yang mulai bisa merangkak. Sedangkan dia gak ada kemauan buat merangkak. Gw takut motoriknya lamban. Akhirnya kemarin sore gw konsultasikan ke DSAnya. Gw ceritain lah kalo dia kelihatan “malas” saat dilatih buat merangkak itu. cuma nyender2 males aja di playmatnya. Si dokter bilang batasan usia merangkak itu 10 bulan. Jadi untuk sekarang masih dikategorikan aman. Cuma harus tetap dilatih terus dan jangan sering digendong.

Memang gw akui ada sedikit jiwa “kompetitif” koq anak seusia dia udah bisa ini, koq Villia belum. Trus ditambah ya ada pro dan kontra soal merangkak ini bikin gw jadi tambah takut. Ada yg bilang gak masalah melewati fase merangkak, tapi ada juga yg bilang gak bagus kalo gak merangkak. Alasannya gak bagus karena merangkak itu paling baik melatih koordinasi otak dan gerak. Melalui merangkak, bayi dilatih untuk menyeimbangkan gerakan kaki dan tangan. Bayi yg merangkak cenderung lebih bisa berkonsentrasi nantinya. Terus merangkak itu membentuk struktur tulang yang baik. Ada cerita, anak yg melewati fase merangkak kontour tulangnya jadi kurang baik. Jadi oleh ahli tulang disuruh latihan untuk merangkak untuk memperbaiki kondisi tulangnya. Inilah yg membuat gw “memaksakan” Villia untuk terus-terusan berlatih merangkak.

Gw berharap Villia bisa menjalani setiap milestone yang seharusnya meskipun agak lambat. Jadi sambil melatih dia, gw akan terus pantau perkembangannya. Jika dia memang membutuhkan yg namanya terapi or whatever it is, gw akan berikan supaya dia bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak yg sehat.

Selain persoalan merangkak, perkembangan motorik lainnya baik. Kekuatan tangan dan kaki baik. Mulai lancar babblingnya.

IMG-20130911-02204

Gigi pertamaku

Gigi baru ada satu tapii hobi banget gigit2. Segala digigit, teether, jari, baju, kaos kaki sampe tangan orang digigit ampe napsu banget.

oya kata orang dulu, kalo tumbuh gigi duluan biasanya agak lama motoriknya, begitu juga sebaliknya. Bener gak sih??

Perihal Kesehatan & Jadwal Imunisasi

Selain konsultasi, kemarin Villia jg imunisasi PCV yang kedua. Ini imunisasi yg agak gw sesali kenapa gak diambil waktu awal 2 bulan itu. Gw mikirnya ah nanti aja karena bukan vaksin wajib. Kalo diambil di usia 1 tahun katanya vaksinnya cuma 2x. Mana harganya lumayan ya, jadi ya sudah gw gak ambil. Setelah itu gw berkenalan dengan ibu2 segrup dan disarankan untuk ambil vaksin PCVnya sekarang aja. sebab lingkungan Villia ada yg merokok. Papa gw (akungnya Villia) ngerokok, meskipun gak didepan dia tapi tetep aja kdg abis ngerokok lgsg gendong. Jadi dengan imun itu diharapkan bisa membantu menjaga Villia. Better late than sorry. Ya udah akhirnya ngambil-lah si vaksin PCV itu di bulan ke 4. Trus lanjut lagi yg ke dua skrg dan bulan depan (dirapel lgsg dengan selisih 1 bulan).

Seperti yg sebelumnya, vaksin PCV ini selalu bikin Villia agak sumeng. Sumengnya bisa seharian tapi habis itu udah. Tadi pagi sih uda mulai demamnya. Sempet diangka 37.5 (dgn termometer digital) dan dimandiin, akhirnya turun ke angka 36.5. Moga-moga panasnya terus turun deh..

Diluar demam karna imun ini, Villia terhitung anak sehat. cuma satu nih yg bikin bete mamanya. Kulit kakinya dia sensitif banget sama gigitan nyamuk. Begitu digigit lgsg merah melebar dan berbekas hitam gitu pas udah kempes. Bekasnya susah banget ilangnya. Kesian anak gadis kakinya ada cap logamnya *cocolin sudocrem ke bekasnya*. Semoga aja makin besar, kulitnya makin bisa beradaptasi dan alergi gigitan serangganya bisa hilang.

IMG-20130929-02395

 

hasil perbuatan nyamuk nakal

Happy Ulbul Ke 7 ya anakku sayang..

IMG-20130928-02358

3 thoughts on “Villia : 7 Bulan

  1. Vi, coba selain distimulasi, Villia dicontohin merangkak juga. waktu itu aku sempet baca ada anak yang merangkaknya telat, tapi setelah dicontohin langsung bisa.

    Villia mamamnya pinter ya, good girl. Met ulbul sayang!

  2. Kalo Abby kena nyamuk biasanya gue pakein papaw Vi. Cobain aja kali2 cocok.

    Wah pinter makannyaaa… soal merangkak tenang aja. Abby jg lancarnya pas udah di atas 8 bulan. Ga usah dipaksa2. Stimulasi sewajarnya aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s