Jeanne : 1, 2, 3 Bulan

Hari ini tepat ulbul ke 3 Jeanne.. Jadi gw memecut diri gw untuk menulis milestone J dari usia 0-3 bulan ini. So here we go..

Perihal berat badan dan susunya

Berat badan Jeanne saat lahir 2.770 kgs kemudian turun 200gr 5 hari kemudian karena bilirubinnya tinggi. Dulu cicinya bilirubin 18 J bilirubinnya 24. Langsung deh masuk RS buat disinar. Manalah pas abis lahiran itu cuaca lagi jelek banget, mendung terus jadi gw putusin untuk disinar aja biar cepet turun kuningnya. Penyebabnya apalagi kalo bukan karena golongan darahnya beda dengan saya. Dia B + ngikutin papanya, saya O +. And again asi gw baru keluar pas hari ke tiga itupun seiprit2 jadilah gw campur sufor bahkan sejak hari kedua untuk menghindari dia dehidrasi dan kuning, ternyata yah tetep aja kuning -___-”

Setelah diperina 24 jam sambil tandem ASI Sufor, besoknya bilirubinnya turun ke angka 16 dan gw boleh pulang. 2 hari kemudian turun lagi bilirubinnya jadi 10. Thank God.

Sejak itu, berat badan J terhitung stabil, naik sekitar 1 kilo tiap bulannya. Terakhir timbang di usia 2 bulan 16 hari berat badannya sudah 5.3 kg

Tinggi badannya sekarang 58 cm, naik 11 cm dari tinggi badannya saat baru lahir. Montok dan padet anaknya.

(setelah baca milestone cicinya saat usia segini ternyata sama dengan cicinya baik tinggi maupun berat badannya)

Perihal Susu dan Tidurnya

Tantangan terbesar dan terberat gw selama masa gueklai kemarin adalah jadwal tidur J yg supeeerrrrrr menguras emosi dan tenaga. Gimana enggak. Dulu cicinya terhitung teratur jadwal tidurnya. J bener-bener bertolak belakang. J tidur seharian dari jam 6-7 pagi sampai jam 9 malem. Bangun sebentar hanya untuk nyusu, mandi, ganti popok saat pipis or pup. selebihnya tidur blass.. Gw bangunin pun gak mau bangun. Segala cara dari elus, kitikin, basuh pake air sampe telanjangin pernah gw coba tapi tetep anaknya pules. Begitu jam 9 malem tiba, mulai deh anaknya ON ampe pagi.

Asli gw capek lahir batin saat itu. Dari yg bisa tidur malem sampe cuma tidur 2 jam itu bener-bener bikin gw baby blues. Bawaannya uring-uringan sampe gw kadang lepas kontrol dan bisa marah ke J. Ngerasain banget baby blues. Dan gegara ini, gw sampe takut banget yg namanya malem hari. Emang sih minggu minggu terakhir gw gueklai mamer dateng bantuin untuk jaga saat malem tapi tetep deh gw gak bisa tidur karena anaknya mau nenen terus. Lebih tepatnya mentil, plus digendong juga. Gegara mentil, J jadi sering pup dan gumoh sampe muntah tengah malem. Bener-bener ujian banget. Mamer nyaranin gw untuk pasang ayunan dan kasih empeng tapi gw gak bergeming karena merasa dl kakaknya baik2 aja tanpa empeng.

Tappiii akhirnya gw menyerah juga dengan keadaan. Gw akhirnya ngasih empeng ke J karena gw gak tahan. Beberapa hari setelah muaguek PRT gw pulang (dan tak kembali) karena suaminya balik trus juga udah deket mau lebaran. Mamer gw yg tadinya gw minta buat nemenin (dan bantuin) sampai lewat lebaran ternyata pulang sehari setelah PRT gw pulkam gegara tante Jo ikut dan udah ngerengek minta pulang. Asli dah gw uda gak tau harus gimana. Gw akhirnya ngungsi ke rumah nyokap. Tapi kan kasian org rumah terganggu akhirnya disuruhlah gw pake empeng.

And it’s work like magic. Sim salabim, malam itu empengan malam itu juga berkurang intensitas bangunnya, rewelnya, gumohnya, even pupnya. Sebelumnya gw tes pake empeng pigeon anaknya gak mau. Trus gw tuker beli yg merk Fisher price ternyata dia mau. Dan sejak saat itu, J mulai bisa lebih anteng bobonya. *sujudsyukur*

Untuk susu, Puji Tuhan, sampai saat ini gw bisa kasih full asi. Beda mungkin ya, dulu pas Villia gw lebih “manja”. Jadi malem sebelum gw tidur gw pompa untuk dia minum malem, sedangkan J karena PRT gw tidak serajin dan sebaik Sumi yg mau begadang “terpaksa” gw bangun.

Ternyata karena sering nyusuin, ASI gw sekarang malah bisa mencukupi kebutuhan J. Campur sufor sebulan awal  itupun sedikit (sehari 1-2 botol aja) selebihnya full ASI. Gw sendiri gak pasang target harus full asi. Jalan aja ikutin arus. But I try my best untuk ASIX. So far, stok asip mencukupi meskipun gw pas cuti bolong-bolong nyetoknya. Sehari J minum kurleb 300 ml (3 botol) = 1 botol yg gw pompa pagi hari sebelum kerja, 2 botol dari asip simpanan. Sehari gw pompa 3x bisa dapet total kurleb 500 ml (4 – 5 botol). Semoga aja bisa terus mencukupi kebutuhan minum J deh. Belum bisa marmet, pake BP manual sama elektrik. BP manual sekarang pake Medela Harmony (oke juga buat merah asi) elektrik pake Freestyle, tapi masih belum sesuai harapan gw.

Perihal kemampuan motoriknya

Kemampuan motorik dasar J sudah berkembang. Usia 2 minggu sudah mulai mau angkat kepala setiap ditengkurepin ditangan . Usia 1 bulan udah mulai mantap angkat kepalanya, dan diusia 3 bulan ini udah bisa tegakin kepalanya pas tengkurep. Udah mulai bisa tengkurep sendiri dikasur. Kaki dan tangan juga aktif digerakin. Tendangannya udah kuat sekarang. Kalo ditengkurepin udah mulai gerakin kaki tangan kepengen maju. Kalo dibantu tahan kakinya sedikit mulai bisa maju kedepan.

Udah masuk fase oral juga. Tangan semua muanya dimasukin. Kalo diajak ngobrol suka “kepo” mau ikutan ngobrol. Suaranya udah bisa “nguu” “gaaa” “aaa” “huuu”. Tapi kalo dipanggil namanya masih belom mau nengok.

Jeanne juga sama kayak cicinya tipe manja. Jadi semenjak gw kerja, seharian anteng aja di taro di bouncer ataupun di kasur. Kadang bisa main sendiri, kadang main sama orang rumah. Mau bobo juga langsung bobo gak pake acara rewel. Rewel juga cuma minta susu. Tapi begitu gw pulang, J berubah jadi manja, pengennya dikelonin aja. Mama bilang ” waktu kamu kerja dia anteng2 aja. Giliran kamu pulang anaknya jadi manja banget jadi rewel minta dikelonin” . Ternyata kakak sama adik sifatnya sama..

Perihal Kesehatan & Jadwal Imunisasi

Puji Tuhan sejauh ini Jeanne bisa dikatakan bayi sehat. Sempet pilek waktu usia 1 bulan lebih. Kayaknya sih kecapean gegara 4 hari pas lebaran straight pergi ke mol (ibu yg buruk jangan ditiru). Selebihnya anaknya sehat.

Untuk jadwal imunisasi, mengikuti tabel yang ada di buku kesehatannya. Sejauh ini sudah vaksin Hepatitis B, Polio, BCG, DPT, Hib dan Rotavirus. Rencana PCV jumat besok. Dan again bangkrut mamaknya terutama 2 minggu lalu karena vaksin barengan cicinya. Tapi gak papalah yg penting anak sehat.

image

Update : semalem anaknya udah bisa tengkurep sendiri. Wohooo..
image

4 thoughts on “Jeanne : 1, 2, 3 Bulan

  1. Gak brasa ya ternyata Jeanne udah 3 bulan, dan kayaknya sih sesuai semua perkembangan badan sama kecakapannya. Vaksinasi itu emang menyebalkan pas ngeluarin dompetnya ya hahahaha. Bikin lemesshhh…

  2. Emang masa-masa newborn itu paling bikin stress ya Vi. Untunglah sudah berlalu, dan sekarang sudah membaik ya.

    Sekarang gue udah lega, karena Madeline udah vaksin terakhir pas umur 2 tahun. Nanti vaksin booster lagi pas 5 tahun. Yaaay… Mommy bisa belanja lagi!

Tinggalkan Balasan

