Villia : 14, 15, 16, 17, 18 Bulan

Ketauan ya, gw makin males update milestone Villia tiap bulannya. Jadi gw satuin aja jadi satu postingan.

Perihal Tinggi dan Berat Badannya

Oke kita mulai dengan TB dan BBnya. Berhubung sejak 12 bulan ke atas jadwal imunisasi jaraknya jauh-jauh maka dari itu gw baru tau TB dan BB Villia yg sesungguhnya 2 minggu yg lalu saat vaksin DPT HIB Polio ke 4. TBnya sekarang 78 cm dan BB 10 kg. Klo tinggi badan emang keliatan bgt perubahannya selama 5 bulan ini. Dulunya dia gak nyampe klo mau ambil barang di meja rias sekarang udah nyampe dan kepalanya jg uda ngelewatin meja rias dikamar. BB gw liat standar gak naik banyak, ada kalanya dia kerasa berat ada kalanya gak. Tapi menurut dokter BB dia masih masuk grafik. Dan di grupnya pun salah satu yg BBnya cukup berat.

Perihal Kesehatan

Halitosis sudah berkurang jauh. Jarang kambuh. Selama gw terakhir cuti mau lahiran sampai gw masuk kerja Puji Tuhan Villia dalam keadaan sehat. Ada batuk pilek tapi cepet sembuh. Semoga cici sehat terus..

Perihal Asupan

Udah makan apa aja, ngikut makanan dirumah. Gak spesial dipisah lagi makanannya. Udah keliatan kesukaannya. Paling doyan makan sesuatu yg dimasak kecap kayak telor kecap, ayam kecap segala deh yg diadon pake kecap. Suka banget makan kerupuk dan biskuit RITZ. Suka makan yg digoreng. Gak terlalu suka makan manis-manis. Sayur belum terlalu suka, tapi kalo dipotong-potong halus masih mau makan sih. Makanan suka yg anget tapi minuman suka yg dingin. Kalo minum jus bisa abis segelas (tapi end up gak mau makan -_-”). Lagi agak susah makan sih, maunya nyemil atau nyomot makanan orang.

Perihal Perkembangan Motorik

Kegalauan gw akhirnya terbayarkan saat gw cuti melahirkan. Tepat seminggu sebelum lahiran Villia mulai belajar jalan (usia 15 bulan). Jadi gw ngeliat sendiri gimana dia belajar untuk jalan selangkah demi selangkah. Pas gw melahirkan dan masuk masa guek lai, ternyata dia makin lancar. FYI, selama masa guek lai sampai sekarang Villia gw titipin ke rumah nyokap supaya gw gak keteter pegang adiknya, juga supaya dia gak terganggu adiknya yg on terus saat itu (nanti gw ceritain ya masalah ini di postingan berikutnya).

Sekarang anaknya jalan udah cepet banget. Daan ternyata masuk fase jalan ini capek yaa.. Mana anaknya maunya jalan sendiri gak mau dipegangin terutama saat di mol. Asli capek jagainnya. Papa sama opanya aja kecapean apalagi gw. Jadilah terkadang gw “paksa” untuk duduk di stroller demi keamanan bersama. Gw takut anak gw ketabrak orang atau nabrak barang jualan jadi amannya iket distroller aja hahaha..

Sejak bisa jalan, dia jg jadi berani buat manjat-manjat. Ya sofa lah, kursi, kasur, segala dipanjat. Ampunnn

Verbal

Kemarin gw juga sempet galau karena kosa kata Villia terbatas banget. Bahkan sempet mandek di mama papa aja. Ternyata sebulan terakhir ini dia nunjukkin kemampuan bicara yg cukup pesat. Dia uda masuk fase membeo. Uda bisa ikutin beberapa kata yg kita ucapkan meskipun kurang jelas. Beberapa kali juga uda mulai bisa ngucap dua kata contoh mama cus (mama disuntik) waktu gw ke dokter.

Kata yg sudah bisa diucapkan : Mama, papa, A po, A kung, Cici, I ik (ie ie), dede Jen, Bak (mbak), Ati (nama mbak dirumah), mas, abang, apel, akit, acih (makasih), adut (badut), mamam, meme (marah, bhs hokkian), ndak (ga), cus (suntik), atut (takut), dan kata-kata lain yg kita ucapkan udah mulai bisa ditiru. Yang masih jadi peer besar buat gw adalah ngajarin dia ngomong minum/mimik. Dia gak bisa mulu selalu bilang M3m3K. Ampun dahh.. Tiap dia ngomong kita selalu ralat ajarin ngomong yg bener tapi masih tetep ngomong itu. Semoga deh bisa ngomong minum nanti. Tar dikirain kita ngajarin ngomong jorok lagi.

Villia juga udah mulai bisa diajak komunikasi dua arah. Mulai bisa jawab pertanyaan kita baik secara verbal maupun dengan gerakan. Tapi kadang kita juga ga mudeng sama maksudnya jadi anaknya suka ngamuk hehehe.

Gw juga mulai beliin Villia buku-buku first word gitu buat Villia. Lumayan lah kadang suka diliat-liat. Dari buku itu mulai belajar bagian tubuh mana bisa tunjuk, buah dan sayur beberapa juga tau, hewan juga. Yah gak sia-sia mamanya beli buku. Tapi terkadang kalo lagi gak mood bukunya diinjek lah dilempar lah. Nasib emaknya beli board book kalo gak udah ancur dari kapan tau bukunya.

Perihal Imunisasi

Dibulan ke 15 seharusnya ada vaksin MMR, tapi gw tergalau gundah gulana akibat ada isu vaksin MMR yg membuat jd autis or gangguan bicara. Meskipun kata dokter itu cuma hoax tapi gw putuskan untuk nunda vaksin MMR sampai dua tahun. Gak mau ambil resiko aja. Jadilah Villia baru imunisasi pas umur 18 bln, Vaksin DPT HIB Polio ke 4. Untuk PCV gw tunda dulu karena mau vaksin PCV si Jeanne dl. Rencana akhir bulan lah baru booster PCVnya.

image

Iklan

Villia : 12 – 13 Bulan

cetak 9r (1)

Posting milestone 12 dan 13 bulannya dijadiin satu..

Perihal Tinggi dan Berat Badannya

Untuk tingginya gak ngukur tapi kayaknya gak naik banyak atau malah gak naik. Kalo berat badan sabtu kemarin nimbang jadi 8.8 kg. Naik beberapa gram dari sakit kemarin yg sempet turun ke angka 8 kg. mungkin karena dia lagi GTM jadi naiknya gak banyak. Kata dsa masih sesuai chart sih meskipun seharusnya dia di berat 9.7kg untuk usia 13 bulan.

Perihal Kesehatan

Puji Tuhan di bulan maret kemarin, Villia kondisi badannya cukup baik. Saat perayaan ultahnya pun dia juga dalam keadaan fit. Cuma diakhir bulan maret kemarin kena batpil tapi overall kondisinya baik. Masalah halitosis (bau mulut) juga makin lama makin baik. Tritmen dari dokter dijalanin meskipun gak sepenuhnya. Untuk susu, sementara diganti ke SGM Soya setelah Chilkid PHP dia gak doyan samsek. Cuma sesekali suka dikasih minum susu UHT. Telur juga agak dibatasi konsumsinya. Suplemen lactobacilus tiap hari di kasih dan air putih gak pernah lupa untuk ditawarin tiap setengah jam. Soalnya kalau mulutnya dalam keadaan kering bisa menimbulkan bau. So far, dengan tritmen ini, halitosisnya membaik dan berkurang jauuuhhh dari sebelumnya.

Masuk bulan april udah hampir 2 minggu Villia meler-meler tapi hanya di pagi dan sore hari. Melernya juga meler ingus bening bukan meler pilek gitu. Kemarin dikonsultasikan ke dsa katanya kemungkinan alergi dingin dan debu. Jadi dikasih tritmen obat alergi sambil semua barang-barang yg dapat memicu alergi disingkirkan dulu. Ya semoga saja melernya bisa cepet ilang.

Perihal Asupan

Bulan maret bener-bener bulan GTM. Makan cuma semangat diawal tapi begitu masuk suapan ke 5-6 langsung lepeh. Segala macem dikasih tetep aja gak mau. Cuma mau nyemil aja kayak biskuit dan buah. Lainnya emoh. Akhirnya gw putusin buat kasih zat besi, karena baca anak yg kekurangan zat besi bisa GTM. Lumayan sih jd mau makan meskipun gak banyak. Saat konsultasi kemarin, dokter menyarankan zat besi diberikan 0.3-0.5ml aja untuk maintain aja, trus gw juga kan udah ngasih minyak ikan Scotts buat Villia dikasih tau gak papa suruh terusin aja dengan dosis 5ml/hari. Gw kuatir anaknya lagi GTM takut kekurangan asupan vitamin jadi gw booster lewat suplemen gini. Tapi tentu saja dengan dosis yg tidak berlebih. Gw bukan mau anak gw gendut tapi sehat. Jadi walaupun badannya segitu-gitu aja tapi klo sehat gizi terpenuhi udah cukup buat gw.

Perihal Perkembangan Motorik

Motorik Kasar

Dua bulan ini ada kemajuan yang cukup pesat menurut gw. Pertama dia uda lancar merangkak menggunakan dua lutut dan tangan. Merangkak adalah salah satu milestone yg sangat gw harapkan bisa dikuasai oleh Villia. Memang agak telat ya diusia 12 bulan baru bisa merangkak dengan lutut tapi buat gw lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Kedua, dia juga sudah mulai lancar merambatnya. Tapi dia lebih berani merambat di permukaan yg bisa dipegang seperti pinggir meja atau kasur. Kalo merambat di dengan bertumpuan pada dinding dia masih suka takut-takut. Udah bisa berdiri sendiri sambil pegangan. Terkadang bisa berdiri tanpa pegangan sambil tepuk tangan. Tapi pas mau melangkah maju masih bingung jadi langsung ngedeprokin satu badan ke depan. Walaupun belum bisa jalan, paling tidak udah ada tanda-tandanya. Semoga aja dalam waktu dekat udah bisa jalan.

Motorik Halus

Udah bisa mengenali foto orang terutama foto mama papanya. Kalo ditanya bisa nunjuk ke arah fotonya sambil bilang mama (papa gak disebut hahahha). Kalo kita bilang cheese untuk foto dia bakalan taro jari telunjuknya ke samping wajahnya (entah pipi telinga pokoknya yg bisa ditunjuk gitu) sambil senyum genit sambil pamer gigi.  Kalo kita bilang cibi-cibi bisa taro telapak tangannya di pipi. Duh ampun deh, ini kerjaan mbak dirumah nyokap ngajarin beginian. Gw sebenernya gak suka sih karena entahlah menurut gw agak alay aja, tapi pas foto studio kemarin ternyata lumayan kepake si jurus cis dan cibi-cibi ini. Anaknya jadi mau senyum pas difoto. Yasudlah, asalkan gak over gw tutup-tutup mata aja.

20x25

say cheeseee….

cetak 4r (5)

say aaaaaaa..

Udah bisa ngenalin nama benda seperti lampu, mobil, balon dll. Bisa bedain boneka bebek mana, boneka anjing mana, dll. Paling suka sama boneka dan balon. Liat boneka bawaannya pengen dicium mulu. Villia sepertinya tipe anak yg punya hati lembut. Kalo liat orang kesakitan suka gak tegaan dan bisa ikutan nangis. Trus klo kita tunjuk bagian yg sakit suka dicium dan dielus-elus bagian yg sakit itu.

cetak 4r (3)

liat boneka langsung nyosor

Kosakata

Ini yang agak mengherankan. Kemarin-kemarin lumayan nih mau beberapa kata diucapin tapi belakangan cuma mau ngomong mama dan mam aja. Nyebut apa aja mama. Papa yg kemarin bisa diucapin sekarang diajarin pun gak mau disebut. Hampir semua hal disebut mama.

Belakangan sih uda mulai bisa bilang hah untuk pedas, ahh kalo abis minum sama bisa meniru kalo kita ngomong fish dia bilang iss gitu.

Kalo kita ajak bicara dia sudah sangat mengerti maksud dari kata-kata kita dan udah mengenali wujud dari benda-benda yang kita sebutkan cuma dia masih belum bisa mengucapkan kata-katanya, baru bisa menunjuk-nunjuk ke arah benda yg dia maksud.

Perihal Imunisasinya

Bulan ini akhirnya ambil vaksin varicella (cacar air). Baru akan ada jadwal imunisasi 2 bulan lagi untuk booster PCV. Cuma gw masih galau mau ambil gak, karena berdekatan dengan gw lahiran. PCV selalu bikin anaknya sumeng. Gw takut aja pas lahiran dia sumeng nanti tambah rewel yg ada gw makin puyeng dah. Sepertinya sih bakal diundur sampai adiknya sebulanan.

Happy Birthday My Villia

Another late post from super lazy mom.. Bulan ini seharusnya gw posting tepat ditanggal kelahiran Villia tapi again gw menyalahkan kemalesan gw yg semakin mendarah daging yg bikin postingannya jadi telaaaatttt banget.

Maret tentu saja adalah bulan spesial buat keluarga kecil gw. Tepat di bulan ini, tanggal 2, jam 06.14 setahun yang lalu, hadir seorang malaikat kecil dalam kehidupan rumah tangga gw dan suami. Malaikat kecil yang memberikan warna-warni tidak hanya untuk kehidupan kami tapi juga orang-orang disekitar kami. Cucu kesayangan para oma opanya. Ponakanan kesayangan para om tantenya. Bocah kecil kesayangan para mbaknya. Ya beginilah kalo jadi serba yg pertama, punya magnet tersendiri yg bikin semua orang jadi super sayangnya.

Dan untuk menyambut hari lahirnya, sebenernya gw sudah memikirkan untuk membuat sebuah perayaan dengan keluarga gw. Gw gak bisa menyebut perayaannya kecil dikarenakan jumlah keluarga gw dan suami cukup besar. Tapi perayaannya sendiri biasa-biasa aja. Tadinya si pesta ini mau diadakan tepat tanggal 2 Maret saat hari lahirnya. Tapi karena Villia jg baru sembuh dari sakit dan cuaca akhir februari itu lagi ujan mulu akhirnya gw putuskan buat ngundur tanggal pestanya. Jadi tanggal 2 maret, gw cuma masak mie ultah sebagai simbolis ulang tahunnya, no foto (inilah akibat jarang foto gak kepikiran samsek buat foto-foto). Cuma ada satu foto yg gw ambil hari itu.

PhotoGrid_1395646438420

Perayaan ultahnya sendiri gw putuskan untuk dirayain tanggal 16 Maret. Tadinya mau tanggal 9 tapi berhubung ortu gw lg ke Medan terpaksa mundur ke tanggal 16 Maret. Puji Tuhan pas perayaan hari itu cerah ceria. Keluarga dan sahabat hampir semua hadir. Acara ultahnya juga sederhana, hanya nyanyi lagu ultah, tiup lilin, potong kue, udah abis itu makan-makan dan ngobrol-ngobrol. Mirip acara arisan keluarga malah ketimbang acara ultah karena yg hadir 80 persen orang dewasa (sepupu-sepupu dan om tante gw dan suami). Anak-anaknya juga udah pada gede-gede. Yg masih kecil gak lebih dari sepuluh, selebihnya udah tweenies bahkan uda ABG jadilah acara ultahnya gak “seheboh” itu.

PhotoGrid_1395645421041PhotoGrid_1395645558037

Untuk persiapan ultahnya walaupun uda dipikirin jauh-jauh hari, eksekusinya NOL besar hahhahaha.. Cuma ngeprint-ngeprint beberapa item aja yg berhasil, itupun yg design sodara sepupu gw. Temanya berubah mulu akhirnya ngambil Winnie The Pooh, karena dapet gudibegnya itu, alasan super cetek. Dessert table GATOT, beli jajanan pasar akhirnya. Karena bentrok sama pesenan bakpao dan manyue bokap akhirnya no dessert table. Hiasannya juga gw beli kertas krep yg udah jadi tinggal digantung aja ama balon-balon. Yg maksimal cuma makanan aja (itupun karena pake catering bokap). Ada 8 macem lauk pauk, dari daging sapi lada item, bebek masak taosi, ikan asam manis, udang goreng, capcay, mie ultah, kuah bakso ikan dan nasi. Makanannya udah keburu diserbu sebelum difoto jd no picture (tapi gak hoax koq hihihi)

Meskipun begitu, gw bahagia karena semua menyempatkan waktunya untuk meramaikan acara ultah sederhana ini. Bahkan dari pihak Jo, para tantenya nyempetin dateng. Bisa kumpul bareng dan ngobrol-ngobrol setelah beberapa bulan gak ketemu (terakhir ngumpul begini pas acara malam tahun baru) bikin jadi happy.

Villia sendiri juga sangat kooperatif hari itu, ada rewel-rewel sedikit lebih karena kegerahan. Maklum ada satu waktu lebih dari 50 orang numplek blek dirumah nyokap.

Untuk goodiebagnya sendiri meskipun anak kecilnya sedikit tapi tetep semua yg masih terhitung “anak” kayak sepupu-sepupu gw yg ABG dan ponakan-ponakan yg baru mau jadi ABG tetep dibagiin. Total ada 48 pcs gudibeg gw siapin dan ludes gak bersisa. Kayaknya taun depan pas adiknya ultah harus disiapin gudibeg lebihan karena itu aja jadi pas karena ada yg gak datang. Isi gudibegnya ada tempat makan, gelas dan snack. Untuk snack diusahain yang sedikit mengandung MSG tapi karena kepentok bujet dan kesandung males jadi beli wafer-waferan dan susu sebagai snacknya.

PhotoGrid_1395646324510

Hadiah yg diterima Villia banyak. Mayoritas kadonya boneka, mainan dan angpao. Yg terakhir disebut kesukaan mamanya hahahha.. Villia juga dapet kado sepeda dari sohib-sohib gw. Anaknya hepi banget gak mau turun dari sepedanya.

PhotoGrid_1395648693639

Villia, Anakku tersayang, selamat ulang tahun. Semoga kamu menjadi anak yang takut akan Tuhan, selalu sayang sama orang tua dan orang-orang disekitarmu, sehat selalu dan tumbuh menjadi anak, cucu dan kakak kebanggaan kami. We love you so much :*

PhotoGrid_1395646828202

Villia : 11 Bulan

mtf_pCWQi_108

halo semuaaa.. 

Posting kedua bulan ini tentu saja tentang milestonenya Villia. Bulan ini udah 11 bulan dan tepat 3 hari lagi dari sekarang dia bakalan ultah. Waktu berjalan cepet banget.. Tau-tau udah mau ulang tahun aja si cici kecil hehhehe.. Apa aja sih perkembangan Villia di bulan Februari ini??

Bulan ini dibuka dengan kejadian sakit paska liburan. Jadi cuaca di medan kemarin memang lagi panas-panasnya, sedangkan balik ke jakarta cuaca lagi mendung-ujan. Jadilah dengan perubahan cuaca yang ekstrim itu, Villia mulai kena gejala gangguan pencernaan. Napasnya smelly banget. Sebenernya 2 hari sebelum berangkat ke Medan (tgl 26 Jan), tetiba napasnya emang uda bau. Dibawa ke dokter umum langganan keluarga, katanya karena pencernaannya agak terganggu, diresepin L-Bio selama 5 hari (yg boleh diulang kalau masih ada gangguan), hari ke 3 ilang baunya. Nah setelah dari Medan itu, ternyata balik lagi baunya. Jadilah tanggal 7 Feb, gw putusin ke DSAnya di Hermina buat cek masalah napasnya sekalian imun campak. Menurut DSAnya, kemungkinan karena tenggorokannya sakit/radang ataupun karena kadar asam mulutnya yg tinggi. Diresepin FG Troches sambil gw selingin L-Bio. Hilang baunya 3 hari kemudian.

Lewat 3 hari dari imun campak tetiba Villia mulai pilek dan batuk. Gw belum kasih obat, home treatment (pakein transpulmin, diminumin cairan hangat kayak air dan susu) aja supaya Villia bisa terbentuk imunitas alaminya. Gak taunya malam hari ke 5 (tgl 15 Feb) Villia mulai demam. Demamnya cukup tinggi jadi gw kasi parcet setiap beberapa jam saat demamnya nyentuh angka diatas 38. Minggunya demam naik turun bahkan sampe diatas 39. Tadinya gw masih mau nunggu untuk gak bawa ke dokter dulu tapi ternyata seharian itu Villia gak mau makan dan minum susu samsek. Cuma minum air putih aja. Tiap dikasih makan atau susu gak lama langsung dimuntahin. Trus napasnya mulai bau lagi. Takut kenapa-kenapa, malemnya langsung bawa ke Hermina lagi buat periksa dengan DSA yg ada. Kata DSA ini ada radang gegara batuknya, disaranin kasih es krim kalau masih belum mau makan sambil dibekalin beberapa obat buat batuk, pilek sama demamnya. Pulang RS langsung cari eskrim kotakan rasa Vanilla. Dikasih sekitar sesendok makan, minumin air putih gak lama kita tawarin susu mau donk anaknya. Syukur deh meskipun agak aneh tapi paling gak setelah dikasih eskrim sekali anaknya mau nyusu.

Demam masih berlanjut selama 3 hari cuma makin hari makin lama jarak demamnya. Tapi yang bikin gw kuatir, napasnya masih bau. Dan udah 3 kali dalam rentang waktu kurang dari sebulan napasnya bau. Gw putusin buat bawa dia ke DSA di RS Puri. DSA itu suspect Villia ada alergi yg menyebabkan lendir disaluran pernapasannya menumpuk dan akhirnya bikin bau. Disaranin untuk ganti sufor ke sufor HA dan dikasih obat pengencer dahak dan lendir serta suplemen buat imunitas. L-Bio dan suplemen sejenis diperbolehkan buat diminum tiap hari (fungsi L-Bio kayak Yakult gitu).

Pulang dari RS gerabak gerubuk cari sufor HAnya. Gw coba Chilkid PH-P  karena satu-satunya di Lotte yg dijual dalam kotakan ukuran 400gr. Sisanya ukuran 800gr. Kalo anaknya gak mau minum sayang juga kan klo harus dibuang, dan ternyata bener anaknya gak doyan. Awal-awal dikasih malah gak mau minum samsek. Jadilah dicampur ngasih susunya. Tapi akhirnya gw putusin untuk gak kasih lagi sufor HAnya, karena setelah beberapa hari baunya hilang. Bandel emang gw, tapi gw gak yakin dia alergi sufor. Soalnya klo alergi pasti udah lama donk ada gejalanya. Gw hanya terusin si suplemen itu aja. Sambil dicoba beberapa hari kedepan apakah masih muncul juga si bau itu. Sampai sekarang sih gak muncul lagi. Tapi nanti mau dibawa kontrol ke DSA puri itu lagi untuk cek kondisinya lagi cuma setelah lewat masa ujannya. Soalnya akses kesana masih banjir.

Perihal Tinggi dan Berat Badannya

Tinggi badannya bulan ini gak diukur. Tapi sepertinya sih naik 1-2 cm jadi sekitar 70an cm. Nah berat badannya bulan ini yg turun drastis. Waktu imun campak diukur beratnya 8,7 kg trus pas minggu ke Hermina diukur 8,4 kg dan terakhir pas ke Puri diukur jadi 8 kg. Susut 700 gram dalam waktu kurang dari 2 minggu gegara sakit. Sekarang sih kayaknya udah naik sedikit soalnya pipinya uda mulai chubby lagi gak seperti kemarin itu pas sakit tirus dan keliatan kurus banget.

Perihal asupannya

Bulan ini, bulan GTM buat Villia. Sakit combo batpil demam itu bikin napsu makannya menurun drastis. Apa-apa gak mau, dilepeh dan dimuntahin. Yah kita sih maklum, namanya juga lagi sakit pasti gak napsu makan. Meskipun gak bisa makan banyak, kita usahakan untuk tawarin dia makan sedikit-sedikit tiap saat. Yang penting perutnya gak kosong. Trus pemberian susu dan air putih juga ditambah intensitasnya selama sakit karena dia lebih mau minum dibanding makan. Buah juga dikasih tapi dalam tekstur yang halus supaya gampang ditelan.

Syukurnya sekarang napsu makannya udah mulai membaik. Meskipun belum bisa makan dalam porsi biasanya tapi paling tidak 3/4 makanannya mau dihabiskan. Semoga gak GTM lagi deh.

IMG_20140227_083725

aku lagi gak napsu makan nasi, napsunya makan baju..

Perihal motorik

Dibalik setiap kejadian, pasti ada berkah didalamnya. Kejadian sakit Villia ini ternyata lumayan memacu motorik kasarnya Villia. Kalo kata mbaknya, dia sakit itu mau ngentengin badannya. Setelah sembuh sakit, Villia jadi sering belajar berdiri dan merambat. Mungkin karena badannya lebih ringan, dia jadi lebih mudah buat narik badannya untuk berdiri. Posisi berdirinya juga udah mantap gak oglek-oglek lagi kayak bulan lalu. Udah bisa duduk sendiri dari posisi merangkak. Gw tentu hepi ngeliatnya. Motorik kasarnya bisa berkembang cukup pesat dalam waktu satu bulan ini.

Untuk interaksi, semakin hari semakin baik. Untuk kosakata

  1. Mama = untuk manggil mama tapi kadang panggil apho, akong sama mbaknya mama juga hahhaha..
  2. Mamam / Mam = Makan
  3. Papa = Papanya
  4. Ceceee = Cici. Gw sejak hamil membiasakan untuk panggil Villia cici. Jadi dia sekarang suka babbling cece
  5. Aakk = Mbak (kadang bisa panggil mbaknya)
  6. Gigik/gik = Guguk maksudnya
  7. Bek = Bebek boneka favoritnya tapi cuma beberapa kali denger dia ngomong kata ini

Gak terlalu banyak sih perkembangan kosakatanya, kebanyakan dia lebih sering babbling yang gak jelas katanya. Tapi kalo diajak komunikasi sudah lebih mudah lagi sekarang. Dia udah bisa nunjuk barang yang dia mau meskipun nunjuknya suka pakai jari tengah. Padahal uda diajarin pake telunjuk tapi tetep lupa dan pake jari tengah lagi. Udah ngerti kalo geleng-geleng kepala artinya gak mau. Udah bisa mainan sesuatu agak lama. Suka banget sekarang sama boneka. Kalo dipuji cantik senyumnya lebarrr banget hahhaha..

mtf_pCWQi_105

“itu apa ma??”

Apalagi ya?? Oya, entah dia ngerti atau gak, tiap kita bilang sayang dede dia langsung elus-elus atau cium perut gw. Semoga aja nanti kalo dedenya udah lahir mereka bisa saling kompak dan saling sayang.

Perihal Imunisasinya

Imunisasi bulan ini imunisasi campak yang seharusnya diambil pas dia umur 9 bulan. Imunisasi berikutnya Varicela (Cacar air). Dijadwalin nanti umur 13 bulan (bulan april).

Yah demikianlah milestone Villia bulan ini. 3 hari lagi Villia bakal masuk ke fase Toddlernya. Untuk ultah perdananya, gw sudah menyiapkan pesta kecil bersama keluarga dan sahabat dekat untuk merayakannya. Bulan depan gw akan posting cerita tentang ultahnya. Doakan ya semoga acaranya lancar…

IMG_20140224_103026

Villia : 10 Bulan

Another post about Villia’s milestone. She’s 10 months young now (almost 11). Idealnya sih postingnya dibuat pas dia ulbul. Apadaya gw terlalu malas (lagi). Salahkan cuaca jakarta yg ujan melulu, yg sukses bikin gw males. Salahkan juga si sumi yg tetiba pulkam gegara anaknya sakit dan sampe sekarang belum balik juga. Tgl 25 nanti pas donk sebulan dia cuti. Padahal tgl 29 gw mau ke medan dan uda beli tiket dia. Duh hal ini bikin gw pusing tujuh keliling karena sekarang dimana-mana lg banjir. Walhasil gw kudu keluar extra biaya buat bayarin dia naik pesawat. Ketimbang tiket medannya hangus gegara dia gak bisa nyampe jakarta on time. *keki*

Yah kita tinggalkan cerita gw yg ditinggal sumi sementara dan ngungsi ke rumah nyokap. Kita lanjutkan ke pembahasan perkembangan Villia.

Perihal Tinggi dan Berat Badannya

Untuk berat badan nampaknya setelah kelar sakit-sakit kemarin dan hampir sebulan ngendon dirumah nyokap, Villia naik berat badannya cukup drastis. Dari 7,8 kg ke 8.5 kg dalam waktu kurang dari sebulan. Gw curiga ada andil Growth Spurt dalam kenaikan berat badan ini soalnya dia doyan banget makan. Duh gw sampe takut loh dia kelebihan makannya. Untuk tinggi badan baru naik 1 cm aja dari bulan lalu. Irit amat ya naiknya cuma sesenti. Naik banyakan atuh Villia.

Perihal asupannya

Seperti yg gw bilang diatas, bulan ini nafsu makan Villia lagi besar-besarnya. Sehari dia makan 3 kali ditambah buah, camilan dan susu (6-7 botol x 90 ml) pluuusss comotan makanan dari orang dewasa. Jadi ya dia tuh semangat banget ngeliat orang lagi makan dan ngotot minta disuapin makanan yg kita makan. Kalo gak dikasih nangis donk, trus org rumah pada gak tega jadi disuapin lah seiprit-iprit buat dia. Duh makin montok deh anak gw.. Gw sih minta sama orang rumah supaya gak over ngasih makannya harus di rem juga supaya gak kebablasan porsinya. Akika takut dia menggendat.. Biar gimana pun Villia kan cewe. Gw juga gak suka anak kelewat montok. Pegel mak gendonginnya..

Oya mengenai aturan no gulgar, gw uda gak seketat sebelumnya. Bahkan lebih kendor sekarang karena makanan kita sering disuapin. Jadi gulgar dalam masakan udah masuk. Tadinya mau maksa aturan no gulgar sampe setahun tapi keadaan “memaksa”. Gw lagi status ngungsi, plus gw gak bisa dan males masak apalagi dalam kondisi hamil begini. Asli gw males ngapa-ngapain. Bisa leyeh-leyeh aja gw uda bersyukur bgt. Jadi urusan bikin bubur diserahin ke mbak dirumah. Trus selama dirumah nyokap juga apa aja kan dikasih (makanan berupa lauk pauk ya bukan permen coklat) jadilah anaknya juga uda ngenal rasa-rasa dan emooohhh dikasih yg tawar-tawar. Jadi sekarang masak buburnya ya dikasih garem dikit atau kecap asin setetes dua tetes. Yah intinya biar anaknya lahap makannya aja.

Anak doyan makan pusing, anak GTM pusing juga maunya apa sih??

Perihal motorik

Merangkaknya sekarang udah top speed meskipun bukan pake lutut. Merayap sih tepatnya. Bahkan bisa merayap mundur. Sekarang uda mulai mau manjat-manjat dan udah lancar turun dari kasurnya. Cuma kayaknya kakinya emang belum terlalu kuat buat nahan tubuhnya dan belum ngerti juga tekniknya jadi belum bisa narik badan buat berdiri. Yah bersyukur aja meskipun maknya mupeng anaknya bisa berdiri dan jalan kayak temen-temen grupnya. hahahha..

Cerewet abis, selain mama papa mamam ama, babbling bahasa planet lainnya. Sudah bisa menyampaikan maksudnya dan bisa diajak komunikasi meskipun jawabnya pake gestur atau rengekan. Tapi kita bisa ngerti maunya apa. Sangat bisa minta sesuatu terutama makanan. Tepuk tangan, toss, kiss bye, dadah, geleng-geleng kepala (klo kita ngomong tidak), cilukba. Bisa pura-pura telponan pake hape atau remote ditaro ditelinga. Milih-milih orang yg mau digendong. Bisa isengin orang juga. Bosenan banget ama mainan, dimainin beberapa menit trus dibuang. Hobinya nongkrong di stroller atau di gendong sambil ngeliatin org beraktifitas (jualan bakpao, bersihin sayur, masak, dll). Demen banget ke Mall, duh kalo diajak ke mol anteng banget dah. Giginya udah 6. Makanya hobi banget makan. Mungkin kelak saat dewasa bisa jadi culinary traveller macem pak Bondan gitu.

Perihal Imunisasinya

Belum imunisasi lagi karena nunggu pulang medan baru ke dokter. Tapi belakangan ini ada hal yg mengganggu. Kalo diperhatiin sepertinya Villia kena lip tie. Jadi tali bibir atasnya itu berada persis ditengah-tengah gusi gigi atas. Hal ini membuat gigi paling depan atas itu jadi renggang. Tanya-tanya ke mama di grup gw yg anaknya didiagnosa lip tie, hal ini gak masalah hanya secara estetika mengganggu karena gigi bisa tumbuh renggang. Kalo sampe besar tetep renggang bisa dipakein behel. Lip tie ini juga bisa “diperbaiki” dengan cara diinsisi. Tali bibirnya dipotong gitu, cuma lebih sakit rasanya dari insisi tongue tie karena di bibir banyak pembuluh darahnya.

Trus gongnya lagi, ada anak grup yg lip tie ternyata emang agak gak mau nyusuin di salah satu sisi payudara which is ini yg terjadi sama Villia pas akhir-akhir masa asinya itu. Apakah ini disebabkan oleh si lip tie ini?? haduh gw kepikiran banget masalah ini. Tapi gw sabar-sabar dulu deh nanti pas imun biar sekalian dicek aja. In case kalo Villia lip tie, gw sebenernya lebih milih dia diinsisi tapi mungkin tunggu dia agak gedean. Memang sakit tapi hanya beberapa waktu aja. Kalo behelan malah kasian karena rentan sariawan dan jadi susah makan. Yah semoga aja gak papa deh.

Tambahan kemaren lupa posting fotonya soalnya ganti hape ke samsung dan kameranya ternyata rada lemot jadi susah bgt buat motonya. Jadilah fotonya cuma beberapa aja

1. Villia lg “melantai”. Sekarang udah bs ngoprek-ngoprek barang dilemari dan dilantai.
image

image

2. Villia uda bisa dikuncir air mancur rambutnya dan lebih anteng dipakein jepitan daripada bandana atau topi.
image

image

Segitu dulu ya fotonya. Makin susah motoin anaknya udah gak bisa diem terutama kalo liat hape bawaannya mau direbut mulu.

Villia : 8-9 Bulan

Kembali lagi posting tentang perkembangan Villia. Bulan ke-8, gak ada postingan karena gak diukur berat badan dan tingginya. Secara motorik juga masih stuck belum bisa merangkak ataupun merayap maju. Paling postur duduknya yg sudah semakin mantap. Untuk babbling, sudah sangat jelas penyebutan 3 katanya. Mama, papa dan mam mam. Sudah bisa bedain juga antara mama dan mam mam. Bulan ke 8 ini juga gak imunisasi karena jadwal imunisasi berikutnya di bulan ke 9 yaitu campak.

Tapi di bulan ini terjadi 2 insiden yang bikin jantung maknya melorot. yg pertama, awal bulan Villia jatoh dari kasur. Gegaranya dia bangun tidur dan pipis di celana. Jadilah mau gw ganti celananya dan gw tinggal dia di kamar sendirian tanpa gw kasih pembatas. Pikir gw cuma sebentar aja, ternyata gak beberapa menit kedengeran suara gabruk. Pas gw masuk ke kamar anaknya uda dilantai dalam keadaan tengkurep dan nangis. Karena kaget dia jatoh otomatis gw teriak, yg ternyata bikin dia jadi tambah kaget, walhasil nangislah dia sesegukan. Gw sampe takut bgt. cek kepalanya gak ada merah atau lebam. Cek pinggir mukanya ada merah-merah. Asumsi gw, dia merayap mundur dan jatuh dari kasur kena pinggir mukanya. Pas oma opanya jemput langsung nangis lagi kayak ngadu gitu. Ampun deh ni anak bisa ngadu-ngadu.

Kajadian kedua diakhir bulan ke 8 nya tiba-tiba Villia demam. Awalnya hari selasa tgl 26 Nov, badannya sumeng, diukur sekitar 37 dercel. Masih belum dikasih obat hanya home treatment aja. Besoknya (27 Nov) demamnya turun, lalu dimandiin, nyisa pilek dan batuk aja, tapi malemnya tetep dibawa ke dokter karena ada pengumuman dokter mau demo di tanggal 28 Nov. Tiba-tiba tgl 29 Nov, jam 3 pagi Villia demam tinggi sampai 39 dercel. Langsung kasih tempra. Beberapa jam kemudian demamnya turun, tapi terus naik lagi. Demam naik turun setiap 4 jam sekali. Dibawa ke dokter katanya radang tenggorokan, diresepin obat racikan dan dibekelin antibiotik in case kalo sampai sabtu masih demam tinggi. Malemnya demam lagi sampai 40 dercel, langsung kasih paracetamol suppositoria (obat lewat anus) demamnya bisa cepet turun, tapi berulang-ulang lagi sampai paginya tgl 29 Nov dibawa ke IGD RS Puri supaya bisa ada tindakan. Ternyata di IGD dikasih parcet suppositoria lagi dan disuruh pulang karena belum bisa tes darah karena belum 3 hari demamnya dan dicek jg radang tenggorokan. Pulang langsung nebus antibiotik. Gw tau seharusnya gw RUM tapi ngeliat anak demam naik turun bikin gw kuatir. Jadi ngalahlah sama AB karena yg paling penting buat gw Villia sehat dulu. Gw gak mau nyesel belakangan. Meskipun selama demam Villia masih teritung aktif dan masih mau nyusu dan makan.

20131129_182241

4 L (lemah letih lesu lunglai)

Hari sabtunya tgl 30 Nov, demamnya berangsur hilang, tapi gantinya anaknya lemes selemes-lemesnya, seharian kerjaannya tidur aja. bangun cuma untuk minum susu dan makan sedikit. Malemnya mulai muncul bintik-bintik merah. Minggunya tgl 01 Dec, bintiknya makin banyak. Gw curiganya dia kena roseolla, tapi orang rumah curiga dia kena campak. Cuma yg bikin kita tenang dia gak demam, hanya jadi lemes ngantuk gitu. Seninnya dibawa ke dokter di cek bener roseolla. Keluar bintik sampe hari rabu mulai hilang, kamis juga uda gak ada. Tapi Jumatnya mulai muncul lagi banyak. Sabtu kemarin tgl 07 dec, akhirnya dibawa ke dokter dan diresepin vit supaya membantu meningkatkan imunnya. Karena virusnya belum bener-bener ilang. Karena sakit itu, berat badan villia turun cukup banyak, sampe keliatan banget mengurus. Sekarang sih sudah balik lagi berat badannya.

20131204_190908

Ceria kembali setelah sembuh dari sakit

Perihal Tinggi dan Berat Badannya (9 Bulan)

Untuk berat badan dan tinggi badan, sabtu kemarin saat ke dokter ditimbang sudah naik jadi 7.8kg, pas sakit kemarin itu sempet turun di 7.6kg. Tinggi badannya sekarang 69 cm.

Perihal asupannya

Selama sakit sempet sih agak menurun nafsu makannya tapi masih mau makan, sekarang Villia uda kembali lagi sih. Makan juga sudah mulai dikasih nasi lembek. Kalo kita lagi makan di restoran chinese food, sering kita kasihin makan ikan atau sayurannya yg belum kena siraman sausnya. Gagal sih no gulgarnya, abis kasian ngeliat si bocil tiap kita makan pasti diliat dengan tatapan penuh nafsu (makan). Jadilah dicocolin dikit-dikit. Ternyata anak bayipun tau yg enak-enak. Makannya super lahap. Ngeliatin dia makan emang bikin bahagia. Ngunyahnya aja kayak anak gede. Gak sia-sia ya kamu numbuh gigi duluan.

Kalo dirumah sih masih belum dikasih gulgar, paling keju sama unsalted butter aja buat perasanya. Emang sih kalo bukan makanan favoritnya, makannya agak lambat dan pake ada sesi-sesi mau muntah gitu, cuma tetep abis. Kalo makanan favorit dia kayak oat, langsung mangap mangap deh. Semoga terus pinter ya nak makannya.

IMG_20131207_133345

mama bangga kamu bisa duduk anteng di highchair

Perihal motorik

Sampai menjelang akhir bulan ke 8, Villia sebenernya belum mau dan tertarik buat merayap atau merangkak. Pokoknya kalo dilatih dia kayak ogah-ogahan. Kalo barang yg dikasih gak keraih, biasanya dia nangis. Nah pas sakit itu, sepertinya dia kayak mau ngentengin badan, karena pas di IGD, tiba-tiba dia jadi mau merayap maju ngejer hape yg gw taro di kasurnya. Gak nangis minta tolong ambilin. Malah semangat 45 belajar merayapnya. Gw hepi berat ngeliatnya. Hari yg dinanti-nanti akhirnya tiba juga. Anaknya mau belajar merayap. Memang masih slow-motion, tapi tetep bersyukur setidaknya anaknya ada kemauan.. Sekarang mau dicoba utk lebih sering melantai supaya mendorong anaknya terus belajar merangkak. Semangat ya nak.. Bulan depan targetnya bisa mulai merangkak utk eksplorasi rumah.

Memang sih kesalahan utama, gw dan orang rumah jarang ngasih dia melantai. Orang rumah takut dia kejedot lantai, maklum cucu perdana, jadi overprotektif. Padahal anaknya (gw dan saudara gw) dilepas aja dulu di lantai. Keseringan emang dia ditaro di baby walker. Pake baby walker, dia demen banget eksplorasi (baca : geratakin) kamar nyokap. Ya ngambil charger, remote tipi, mainan.

Oya Villia jg keliatan banget ada bakat-bakat hobi berdandan. Dia bisa duduk diem disisirin rambutnya dan dijepitin jepitan rambut. Jepitan rambutnya gak diutak atik sampe dia tidur. Plus juga hobi banget mandi dan berkaca. Kalo abis mandi, didandanin dan berkaca, bisa senyum pepsodent deh anaknya. Duh kamu kecil-kecil uda tau cakep ya..

IMG_20131205_174304

aku cantik kan??? 

Perihal Imunisasinya

Bulan ini seharusnya imunisasi campak tapi berhubung baru kena roseolla, Dsa nyaranin 1-2 bulan mendatang baru ambil imun campaknya. Biar imunitasnya prima dulu baru vaksin campaknya. Jadi kayaknya awal februari baru imunisasi campak, soalnya Januari akhir Villia mau imlekan ke Medan. Semoga anakku sehat selalu.. Amin..

Galau

GW GALAUUU BANGETTTT..

Villia uda 7 bulan dan dia belum mau onggong-onggong, belum mau merangkak dan belum bisa duduk sendiri. Padahal bayi di grup Maret udah pinter onggongnya, uda pinter merangkaknya, uda pinter duduknya bahkan uda pinter berdirinya. Sedangkan Villia, uda masuk angka 7 belum mau dan belum bisa. Di tummy time-in cuma mau tengkurepan aja. Gak mau berusaha maju walaupun uda di encourage sedemikian rupa. I FEEL WORRIED 😦

Sore ini rencananya mau ke DSAnya dan coba cek juga ke klinik tumbuh kembang yang ada di Hermina Daan Mogot. Semoga aja deh semua normal dan baik-baik saja..